Ahad 02 Jun 2024 12:55 WIB

Dompet Dhuafa Ajak Muda-Mudi Kurban Pasti di Kurbanaval

Kurbanaval jadi ajang mendorong kalangan milenial dan Gen Z berkurban

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Dompet Dhuafa mengadakan Kurbanaval yang digelar di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Sabtu, (1/6/2024) berkolaborasi dengan PT Integrasi Transit Jakarta. Sejumlah artis dan musisi turut meramaikan ajang tersebut.
Foto: Dok Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa mengadakan Kurbanaval yang digelar di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Sabtu, (1/6/2024) berkolaborasi dengan PT Integrasi Transit Jakarta. Sejumlah artis dan musisi turut meramaikan ajang tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa mengadakan Kurbanaval yang digelar di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Sabtu, (1/6/2024) berkolaborasi dengan PT Integrasi Transit Jakarta. Sejumlah artis dan musisi turut meramaikan ajang tersebut. Mulai dari Chef Amanda membagikan resep sate maranggi kepada ratusan pengunjung yang hadir. 

Etika Setiawanti selaku Sekretaris Dewan Pengurus Dompet Dhuafa mengatakan, Kurbanaval sebagai ajang mendorong masyarakat khususnya kalangan milenial hingga gen z untuk berkurban dan menebarkan kebaikan hingga ke pelosok negeri. 

Dompet Dhuafa terus berkomitmen untuk pemerataan daging kurban ke berbagai pelosok. Hal ini untuk menjamin meratanya konsumsi daging dan pertumbuhan gizi yang baik di wilayah pelosok.

"Kita sama-sama tahu, wilayah Jakarta merupakan wilayah surplus daging terbanyak setiap tahunnya. Maka tak heran bila sejumlah masyarakat setiap kurban ada yang mendapatkan beberapa bungkus daging kurban yang dibagikan. Bagaimana dengan masyarakat di pelosok Indonesia? Bahkan kurbanpun jarang dilakukan, konsumsi daging pun hanya setahun sekali. Maka itu dengan Kurban 3 Pasti di Dompet Dhuafa, kurban terjamin terdistribusi hingga ke pelosok negeri,” tutur Etika.

Pada kesempatan yang sama Bobby P Manullang, selaku Ketua Tebar Hewan Kurban (THK)1445 H, untuk menjawab keraguan masyarakat dengan 3 pasti, yakni dipastikan jantan, pastikan dengan lolos qulity control dan pasti distribusi hingga ke pelosok negeri.

Bobby juga menuturkan dengan 3 Pasti saat Berkurban dengan Dompet Dhuafa kami pastikan yang diproses untuk hewan kurban adalah berkelamin jantan. 

'Kenapa harus Jantan?, Kami menilai lebih ke arah mempertahankan kelangsungan populasi domba/kambing. karena menyembelih betina bisa mengancam kelangsungan reproduksi ternak," ucap dia.

“Sementara poin kedua, kami siapkan hewan-hewan kurban dipastikan sudah lolos dengan quality control, mulai dari cek kesehatan berkolaboraksi bersama dinas peternakan setempat, kualitas pangan ternak yang terjaga, kualitas kandang terjaga kebersihannya. Tidak hanya itu kami juga seleksi setiap hewan kurban mulai dari kuku, mata, gigi, kaki hingga bobot hewan tersebut agar mencapai berat optimal saat dikurban nanti,” lanjut Bobby.

Aiman Ricky selaku Artis dan Super Volunteer Dompet Dhuafa, juga turut menuturkan, “pengalamannya dalam mengikuti quality control di kendang DD Farm Sumatera Barat, bahwa selama ini Dompet Dhuafa melalui para peternak menjaga kualitas hingga mutu hewan begitu ketat. Mulai dari kebersihan kendang, kesehatan ternak hingga pemilihan pakan hewan sehingga bobot hewan menjadi maksimal dan memenuhi syarat kurban”.

Sebelum acara dimulai, Marching Band dari Bahana Qu mengawali dengan membawakan alunan-alunan lagu terkini. Dan di malam hari pengunjung dimeriahkan Pitu Band hingga penampilan Mocca yang sudah tidak asing lagi bagi kalangan milenial tentunya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement