Jumat 07 Jun 2024 09:07 WIB

OPM Berulah Tembak Pratu Rajami Uhio di Yahukimo

Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 merespons cepat tembakan OPM di Yahukimo.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno. ANTARA/HO-Humas Satgas Operasi Damai Cartenz
Foto: Antara/Satgas Damai Cartnez
Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno. ANTARA/HO-Humas Satgas Operasi Damai Cartenz

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA -- Satuan tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz 2024 merespons cepat aksi penembakan yang dilakukan Organisasi Papua Merdeka Kodap XVI Yahukimo di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, Kamis (6/6/2024). Hal itu setelah OPM melakukan aksi penembakan pada Kamis sekitar pukul 18.20 WIT.

"Penembakan oleh KKB ini terjadi di Jalan Seradala Kilometer 2 Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan," kata Kepala Satgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno melalui keterangan tertulis di Timika, Kabupaten Mimika, Jumat (7/6/2024).

Baca: Prabowo Jamu Mantan PM Turkiye Bahas Kerja Sama Pertahanan

Menurut Bayu, penyerangan oleh KKB Kodap XVI Yahukimo mengakibatkan satu anggota Kodim 1715/Yahukimo mengalami luka tembakan. "Satu anggota Kodim 1715/Yahukimo atas nama Pratu Rajami Uhio mengalami luka tembakan pada paha sebelah kiri," ujarnya.

Dia menjelaskan, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 wilayah Yahukimo mendapatkan informasi melalui radio handy talky Polres Yahukimo, telah terdengar suara tembakan. "Tembakan tersebut merupakan aksi yang dilakukan oleh KKB Kodap XVI Yahukimo dari arah Jalan Seradala tepatnya di Jembatan Kilometer 2 Dekai, yang melukai Pratu Rajami Uhio," kata Bayu.

Baca: Pasukan Perdamaian TNI akan ke Gaza Jika Dapat Mandat PBB

Menurut dia, setelah mendapat laporan tersebut tim Satgas Operasi Damai Cartenz 2924 langsung merespon menuju tempat kejadian perkara (TKP). Petugas ikut kemudian membawa korban ke rumah sakit.

"Saat ini korban Pratu Rajami Uhio telah berada di Rumah Sakit Dekai Yahukimo untuk mendapatkan perawatan medis, Satgas Operasi Damai Cartenz akan melakukan tindakan tegas dan terukur terhadap KKB," ujarnya lagi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement