Senin 10 Jun 2024 09:49 WIB

Riding di Alpen: 4 hari, 6 Negara, Lusinan Terowongan, dan 2.028 KM Pemandangan Ciamik

Italia secara umum diakui banyak orang sebagai tujuan motorcycle touring paling yahud

Red: Israr Itah
Biker Indonesia Barry Manembu berada di Trafoi Italia saat touring motor melintasi enam negara Eropa bersama istrinya Ivone.
Foto: dokpri
Biker Indonesia Barry Manembu berada di Trafoi Italia saat touring motor melintasi enam negara Eropa bersama istrinya Ivone.

Oleh: Barry Manembu, Anggota Ikatan Motor Besar Indonesia, USA dan Harley Davidson Club Indonesia, USA

REPUBLIKA.CO.ID, Kalau Anda biker sejati, pasti ada destinasi-destinasi tertentu di muka bumi ini yang ingin Anda jelajahi dengan sepeda motor, paling tidak sekali dalam hidup. Di Amerika Serikat (AS), ada Route 66 yang disebut juga “Mother of All Roads”, terbentang dari Chicago, Illinois melewati sejumlah negara bagian dan finis di Santa Monica, California sejauh 2.448 miles atau hampir 4.000 km.

Baca Juga

Di Colorado, tempat saya tinggal, ada “Million Dollar Highway” dari Silverton menuju Ouray. Nah, di Eropa, situs yang selalu menjadi bucket list para biker adalah Pegunungan Alpen (Alps), khususnya di kawasan Lombardy yang berbatasan dengan Swiss.

Italia secara umum memang diakui banyak orang sebagai tujuan motorcycle touring paling yahud di Eropa. Deretan puncak pas, jalan-jalan tepi pantai spektakuler, rute-rute single track yang berliku, terowongan-terowongan menakjubkan, danau-danau glacier berwarna turquoise, kulinari lezat, sejarah kuno, dan warga yang bersahabat. Sulit ditandingi.