Selasa 18 Jun 2024 08:22 WIB

Unisba Sembelih Belasan Hewan Kurban Didistribusikan ke Ribuan Warga

Penerima hewan kurban adalah masyarakat sekitaran Kampus I Unisba di Tamansari.

Red: Arie Lukihardianti
Penyembelihan hewan kurban di Unisba
Foto: Dok Republika
Penyembelihan hewan kurban di Unisba

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Idul Adha 1445 Universitas Islam Bandung (Unisba) menyembelih 14 hewan kurban yang keseluruhannya merupakan sapi. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kegiatan  yang dilaksanakan di Lapangan Parkir Kampus Utama Unisba mulai pukul 07.30 WIB hingga selesai, pada Kamis (17/6/2024).

Baca Juga

Menurut Kepala Bagian Peningkatan Ruhul Islam dan Pengelolaan Masjid, Dr Iwan Permana, SSy MESy, ke 14 hewan kurban tersebut berasal dari 77 orang mudhohi yang merupakan sivitas akademika Unisba terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan, keluarga dan kerabatnya, serta dari eksternal Unisba. Satu sapi di antaranya berasal dari rekanan instansi Unisba yakni karyawan BJB Cabang Tamansari Kota Bandung.

Iwan menjelaskan, penyembelihan hewan kurban ini dilakukan sesuai dengan syariat Islam yang dilakukan oleh jagal professional dari tim asosiasi peternak sapi Bandung Selatan. “Mereka memiliki tim penyembelihan sehingga kami menggunakan jasanya yang dipastikan  kesyariahannya dalam menyembelih hewan kurban,” katanya.

Menurutnya, para mudhohi diberi kesempatan untuk dapat melihat langsung proses penyembelihan dan yang berhalangan hadir diberikan fasilitas melalui Zoom Meeting.

Hewan-hewan tersebut dibeli dari wilayah Rajamandala, Antapani, Anjarsari dan Padalarang dalam keadaan sehat, memiliki kuantitas dan kualitas yang baik, serta terbebas dari Penyakit Mulut dan Kaki (PKM) karena sudah divaksin dan telah memperoleh surat sehat dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP). “Setelah dipastikan hewan-hewan tersebut memilki sertifikat kesehatan maka kita membeli hewan-hewan tersebut,” katanya.

Dikatakannya, daging hewan tersebut selain diberikan haknya kepada mudhodi sebanyak 4 kg, juga didistribusikan kepada ± 2.100 penerima yang merupakan masyarakat sekitaran Kampus I Unisba di Kelurahan Tamansari. Disamping itu juga diserahkan kepada yayasan-yayasan lembaga sosial di Bandung Raya dan Kabupaten Garut yang telah mengajukan proposal ke Unisba dan telah disetujui.

Iwan mengatakan, kepanitian kurban Unisba tahun ini melibatkan 130 orang panitia yang merupakan dosen, tenaga kependidikan dan takmir Masjid Al Asy’Ari Unisba.

Harapannya, pelaksanaan kurban ini bisa menjadi momentum ibadah kepada Allah SWT sebagai bukti ketakwaan. Selain itu bisa menjadi syiar dakwah Islam untuk masyarakat tentang pelaksanaan syariat Rasulullah melalui ibadah qurban. “Semoga kurban dari mudhohi ini bisa diterima oleh Allah SWT dan menjadi pahal yang besar,” katanya.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement