Ahad 23 Jun 2024 09:56 WIB

Inilah Ciri-ciri Fisik Rasulullah

Inilah gambaran fisik Rasulullah SAW berdasarkan hadis-hadis.

Red: Hasanul Rizqa
ILUSTRASI Seorang jamaah berdoa di dekat Kubah Hijau, yang di bawahnya terdapat makam Nabi Muhammad SAW di Madinah, Arab Saudi.
Foto: Antara/Saptono
ILUSTRASI Seorang jamaah berdoa di dekat Kubah Hijau, yang di bawahnya terdapat makam Nabi Muhammad SAW di Madinah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islam melarang siapapun untuk melukis atau menggambar rupa Nabi Muhammad SAW. Bagaimanapun, penjelasan secara verbal mengenai tampilan beliau masih dibolehkan. Husein Haikal dalam bukunya, Hayaatu Muhammad (Sejarah Hidup Muhammad) menjelaskan secara perinci deskripsi fisik Rasulullah SAW.

"Paras mukanya manis dan indah, perawakannya sedang, tidak terlampau tinggi juga tidak pendek, dengan bentuk kepala yang besar, berambut hitam antara keriting dan lurus.

Baca Juga

Dahinya lebar dan rata di atas sepasang alis yang lengkung lebat dan bertaut, sepasang matanya lebar dan (bagian inti matanya) hitam pekat, di tepi-tepi putih matanya agak kemerah-merahan, tampak lebih menarik dan kuat; pandangan matanya tajam dengan bulu mata yang hitam pekat.

Hidungnya halus dan merata dengan barisan gigi yang bercelah-celah. Cambangnya lebat sekali, berleher agak panjang dan indah.