Ahad 23 Jun 2024 21:50 WIB

Pemutaran Perdana Film yang Skenarionya Dibuat oleh AI Batal Digelar di London

Skenario flm 'The Last Screenwriter' adalah hasil dari ChatGPT 4.0.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Andri Saubani
Logo dari Open AI dan Microsoft Corporations Chat GPT.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Logo dari Open AI dan Microsoft Corporations Chat GPT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebuah bioskop di London telah membatalkan pemutaran perdana sebuah film dengan naskah yang dibuat oleh kecerdasan buatan (AI) menyusul reaksi keras di media sosial. Bioskop Prince Charles, yang terletak di West End, London, seharusnya dijadwalkan akan mengadakan pemutaran film baru berjudul “The Last Screenwriter” pada Ahad (16/6/2024).

 

Baca Juga

"Reaksi yang kami terima selama 24 jam terakhir setelah kami mengiklankan film ini telah menyoroti keprihatinan yang kuat yang dimiliki oleh banyak penonton kami tentang penggunaan AI sebagai pengganti penulis yang berbicara tentang masalah yang lebih luas dalam industri ini,” demikian kata Pangeran Charles dalam sebuah pernyataan, dilansir NME, Ahad (23/6/2024).

Disutradarai oleh Peter Luisi dan dibintangi oleh Nicholas Pople, “The Last Screenwriter” merupakan film produksi Swiss yang bercerita tentang seorang penulis skenario terkenal yang merasa dunianya terguncang saat ia bertemu dengan sistem penulisan naskah AI yang canggih. Dia segera menyadari bahwa AI tidak hanya menyamai kemampuannya, tetapi bahkan melampauinya dalam hal empati dan pemahaman akan emosi manusia.