Selasa 25 Jun 2024 18:49 WIB

Batuk Pilek Akibat Infeksi atau Alergi, Bagaimana Cara Membedakannya?

Waspadai jika anak sering batuk atau pilek tapi sebelumnya tidak disertai demam.

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Qommarria Rostanti
Batuk pilek (ilustrasi).  Pilek dan batuk bisa jadi salah satu gejala ringan alergi susu sapi.
Foto: Republika
Batuk pilek (ilustrasi). Pilek dan batuk bisa jadi salah satu gejala ringan alergi susu sapi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alergi susu sapi tidak selalu menimbulkan gejala berat. Pilek dan batuk bisa jadi salah satu gejala ringan alergi susu sapi.

Pilek dan batuk yang berulang kali terjadi bisa mengganggu tumbuh kembang anak. Orang tua perlu cermat mengenali perbedaan gejala yang muncul karena alergi atau infeksi.

Baca Juga

Dokter spesialis anak konsultan alergi imunologi, Prof Dr Budi Setiabudiawan, SpA(K), membagi kiat membedakan gejala penyakit karena alergi atau infeksi. "Ada tiga cara membedakannya," kata Budi, dalam bincang-bincang yang diselenggarakan oleh Nutricia berkolaborasi dengan PrimaKu, dengan tema Tangani Alergi Susu Sapi, Selasa (25/6/2024).

"Apakah anak sebelumnya demam, apakah gejala saat siang lebih dominan dibanding pagi atau malam, apakah dahak atau ingus kental atau berwarna? Bila salah satu dijawab iya, kemungkinan infeksi. Bila semua dijawab tidak, maka mungkin alergi," ujar Budi.

Karena itu waspadai jika anak sering batuk atau pilek tapi sebelumnya tidak disertai demam. Kemudian batuk pilek muncul dominannya di pagi atau malam. Serta bila anak sering berdahak atau ingusan tapi bening dan encer. Tiga gejala itu bisa jadi merupakan gejala anak alergi.

Pada anak dengan alergi susu sapi yang bergejala ringan atau sedang kondisi yang kerap terjadi bisa mencakup regurgitasi berulang, muntah, diare, konstipasi, anemia defisiensi besi, dermatitis atopik, urtikaria, pilek, batuk kronik, hingga kolik yang persisten. Alergi dapat memengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan anak jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Alergi susu sapi adalah alergi makanan yang paling umum pada awal masa kanak-kanak, dengan insidensi 2-3 persen pada tahun pertama kehidupan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
كَانَ النَّاسُ اُمَّةً وَّاحِدَةً ۗ فَبَعَثَ اللّٰهُ النَّبِيّٖنَ مُبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَ ۖ وَاَنْزَلَ مَعَهُمُ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيْمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ فِيْهِ اِلَّا الَّذِيْنَ اُوْتُوْهُ مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ بَغْيًا ۢ بَيْنَهُمْ ۚ فَهَدَى اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لِمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ مِنَ الْحَقِّ بِاِذْنِهٖ ۗ وَاللّٰهُ يَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ
Manusia itu (dahulunya) satu umat. Lalu Allah mengutus para nabi (untuk) menyampaikan kabar gembira dan peringatan. Dan diturunkan-Nya bersama mereka Kitab yang mengandung kebenaran, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Dan yang berselisih hanyalah orang-orang yang telah diberi (Kitab), setelah bukti-bukti yang nyata sampai kepada mereka, karena kedengkian di antara mereka sendiri. Maka dengan kehendak-Nya, Allah memberi petunjuk kepada mereka yang beriman tentang kebenaran yang mereka perselisihkan. Allah memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus.

(QS. Al-Baqarah ayat 213)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement