Selasa 25 Jun 2024 21:43 WIB

PSSI: Aturan Kuota Pemain Asing di Setiap Klub Liga 1 Ditentukan di RUPS

Namun, belum jelas kapan RUPS PSSI akan digelar.

Red: Andri Saubani
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) didampingi Exco PSSI Arya Sinulingga (kanan).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) didampingi Exco PSSI Arya Sinulingga (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan aturan kuota pemain asing untuk setiap klub Liga 1 Indonesia akan ditentukan setelah rapat umum pemegang saham (RUPS) PSSI. Namun, belum jelas kapan RUPS PSSI akan digelar.

"Belum diputuskan. Ya kan RUPS dahulu, baru diputuskan semua itu," kata anggota Exco PSSI Arya Sinulingga usai menghadiri acara bertema “Ngobrolin Regulasi Baru Liga Indonesia Baru” di GBK Arena, Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Baca Juga

Arya mengatakan, terlepas dari aturan kuota, kehadiran pemain asing akan memacu kualitas para pemain lokal untuk menjadi lebih baik dan naik kelas karena saling bersaing menjadi yang terbaik. "Mereka akan bersaing habis-habisan untuk posisi yang dibutuhkan," kata Arya.

Arya mengatakan, kuota pemain asing juga menjadi kesempatan bagi klub-klub untuk mengambil pemain asing berkualitas bagus. Menurut Arya, akan sangat bodoh bagi klub yang merekrut pemain asing yang tidak berkualitas.

"Makanya saya bilang kenapa ada kelas akselerasi, ada kelas khusus, supaya mereka bisa masuk kelas itu, ini kompetitif," ujarnya lagi.

Arya menambahkan, klub sepak bola di Indonesia juga harus menyiapkan Elite Pro Academy (EPA) yang bagus untuk jenjang usia 16 tahun, 18 tahun, guna menghasilkan pemain-pemain yang bisa bersaing dengan pemain asing.

"Klub-klub harus menyiapkan EPA sejak U-16, U-18 kencang betul, maka ketika U-20 masuk ke timnas bisa lawan pemain asing, kalau enggak disiapkan, tidak ada perbandingan, kapan dia bisa tahu sudah bagus mainnya," tutupnya.

photo
Caketum PSSI, Erick Thohir, menjadi kandidat kuat di KLB PSSI 2023 di Hotel Shangri La, Jakarta, pada Kamis (16/2/2023). - (Republika.co.id)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement