Rabu 03 Jul 2024 18:10 WIB

Jadwal Sholat Hari Ini, 03 Juli 2024 di Bandung

Sholat bisa menjaga keseimbangan hidup.

Red: Muhammad Hafil
Sholat. Ilustrasi
Foto: Canva
Sholat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --Sholat, sebagai salah satu dari rukun Islam yang lima, memainkan peran esensial dalam kehidupan setiap Muslim. Sholat tidak hanya merupakan kewajiban ibadah, tetapi juga menjadi sarana penyucian diri dan peningkatan kualitas spiritual. Dalam konteks kehidupan modern yang penuh dengan berbagai tantangan dan kebisingan, sholat menjadi waktu istirahat yang menyegarkan jiwa, menghubungkan diri dengan Sang Pencipta.

Menariknya, Al-Qur'an menekankan pentingnya sholat dalam berbagai ayat. Salah satunya adalah dalam Surah Al-Baqarah (2:43) yang memerintahkan, "Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan rukuuklah beserta orang-orang yang rukuuk." Ayat ini menggarisbawahi bahwa sholat harus menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari setiap Muslim.

Berikut ini adalah jadwal sholat untuk wilayah Bandung pada tanggal 03 Juli 2024 dalam zona waktu WIB:

- Shubuh: 04:40

- Dhuhur: 11:57

- Ashar: 15:18

- Maghrib: 17:49

- Isya: 19:03

Sebagai refleksi lebih lanjut, dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "Perumpamaan sholat lima waktu adalah seperti sebuah sungai yang mengalir di depan rumah kalian, yang dipakai untuk mandi lima kali sehari." Sholat, dalam hadis ini, diibaratkan sebagai sarana untuk membersihkan diri dari dosa dan kotoran duniawi.

Tak hanya itu, sholat juga diakui oleh para ulama memiliki manfaat kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa gerakan-gerakan sholat, seperti sujud dan ruku, dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memperbaiki postur tubuh. Lebih jauh lagi, kekhusyukan dalam sholat dapat menurunkan tingkat stres dan memberikan ketenangan batin yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan modern yang serba cepat.

Mengingat pentingnya sholat, maka tak mengherankan jika jadwal sholat selalu dicari dan dijadikan panduan oleh umat Islam. Dengan menjalankan sholat tepat waktu, Muslim dapat merasakan keberkahan dan manfaat maksimal dari ibadah ini. Penjagaan terhadap waktu sholat juga menunjukkan komitmen seorang Muslim terhadap ketaatan kepada Allah SWT.

Dengan mengamalkan sholat lima waktu dan menjaga ketepatan waktunya, umat Islam dapat menjadikan sholat sebagai pilar utama dalam mencapai keseimbangan hidup. Di tengah kesibukan dan hiruk pikuk kehidupan modern, hadirnya waktu-waktu sholat menjadi pengingat untuk selalu kembali dan berserah diri kepada Allah SWT, Sang Maha Kuasa.

*Artikel ini dibuat oleh AI dan telah diverifikasi oleh redaksi*

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement