Sabtu 06 Jul 2024 06:02 WIB

De la Fuente Bangga Dengan Semangat Juang Pemain Spanyol dalam Kemenangan Atas Jerman

Spanyol mengalahkan Jerman 2-1 lewat gol menit akhir perpanjangan waktu.

Red: Israr Itah
Para pemain Spanyol merayakan gol Mikel Merino yang membawa Spanyol menang 2-1 atas Jerman.
Foto: AP Photo/Michael Probst
Para pemain Spanyol merayakan gol Mikel Merino yang membawa Spanyol menang 2-1 atas Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, STUTTGART -- Spanyol berhasil melewati pertandingan fisik yang berat melawan Jerman untuk memetik kemenangan 2-1 setelah perpanjangan waktu pada Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB. Kemenangan ini mengamankan tempat Spanyol di semifinal Euro 2024.

Aksi para penggawa La Roja membuat pelatih Luis de la Fuente bangga. Dengan kedudukan imbang 1-1 setelah 90 menit, Mikel Merino memberikan pukulan telak bagi Jerman pada menit ke-119 dengan sundulan brilian untuk membawa timnya lolos menghadapi Prancis.

Baca Juga

"Saya bangga dengan kelompok pemain ini, kelompok pemain yang sangat berkomitmen, yang menjadi contoh bagi negara kami, bagi masyarakat kami, dan bagi semua olahragawan dan olahragawati yang ingin menjadi kompetitif dan ingin berkembang setiap hari untuk mencoba dan menjadi sedikit lebih baik setiap hari," kata De la Fuente yang gembira kepada wartawan.

"Tim kami bersemangat dan saya mengenal mereka, mereka berambisi dan ingin menjadi lebih baik setiap hari. Mereka tidak pernah lelah untuk berkembang dan saya bangga melatih mereka," tambahnya.

Pertarungan itu diwarnai dengan kartu kuning dan diselingi dengan cederanya gelandang Spanyol Pedri dan kartu merah yang diterima rekan setimnya Dani Carvajal, tetapi sang pelatih mengatakan bahwa ia tidak melihatnya sebagai pertandingan yang sangat kotor.

"Saya bermain di tahun 80-an - jika Anda ingin menonton video tahun 80-an dan melihat bagaimana sepak bola dimainkan saat itu, Anda tahu saya tidak takut. Apa yang Anda inginkan? Saya punya teman yang berkata, 'apa yang Anda inginkan, dicium?" De la Fuente berkata.

"Ini sepak bola, saya tidak takut dengan hal-hal ini - permainan ini dimainkan hingga batas maksimal, saya tidak mengeluh tentang ketangguhan tim lawan, saya lebih menghargai apa yang telah kami lakukan sebagai tim."

Spanyol sekarang akan fokus pada pemulihan untuk semifinal pada Rabu WIB.

"Kita lihat saja seberapa jauh kita bisa melangkah, tetapi saya benar-benar bangga dengan contoh yang diberikan tim ini dalam hal persahabatan dan nilai-nilai dan sebagainya, dan inilah yang paling saya hargai, selain kualitas pemain saya," De la Fuente menambahkan.

"Kami senang, tetapi kami tahu bahwa besok adalah hari yang berbeda, dan besok adalah pertandingan yang lain. Jadi ya, kami senang tetapi euforianya sangat terkendali," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement