Selasa 09 Jul 2024 16:14 WIB

8 Tempat yang Wajib Dikunjungi Jamaah Haji dan Umroh di Kota Nabawi

Selain Masjid Nabawi, ada makam Rasulullah yang menjadi destinasi utama.

Red: Karta Raharja Ucu
Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi
Foto: Republika
Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Ketika sampai ke Kota Madinah, jamaah haji atau umroh punya banyak tempat yang wajib dikunjungi. Selain Masjid Nabawi, ada banyak tempat yang bisa diziarahi.

1. Masjid Nabawi

Posisi pertama tentu saja ditempati Masjid Nabawi. Masjid yang dibangun Nabi Muhammad Shalallahu Alahi Wassalam tersebut merupakan masjid suci kedua umat Islam setelah Masjidil Haram di Makkah.

2. Makam Rasulullah

Jika sudah sampai ke Madinah, makam Rasulullah adalah tempat yang paling dirindukan Kaum Muslimin di seluruh dunia. Peziarah yang pergi ke Madinah bisa mengunjungi makam Rasulullah yang masuk ke dalam bagian Masjid Nabawi. Selain menyampaikan salam dan bershalawat kepada Rasulullah, jangan lupa juga menyampaikan salam kepada dua sahabat tercinta, Abu Bakr dan Umar bin Khattab.

3. Raudhah

Julukan Taman Surga untuk Raudhah diberikan Rasulullah di tempat yang terbatas namun menempati salah satu tempat teratas diijabahnya doa. Raudhah adalah tempat Rasulullah mengajarkan ilmu kepada para sahabatnya, tempatnya adalah di antara rumah Rasulullah (sekarang menjadi makam Rasulullah) dan mimbar Rasulullah. Untuk masuk ke Raudhah saat ini harus memakai izin khusus (tasrekh) dan bisa mendaftarkan secara mandiri lewat aplikasi nusuk.

4. Pemakaman Baqi

Setelah ziarah ke Makam Rasulullah, tempat yang bisa dikunjungi selanjutnya adalah Kompleks Pemakaman Baqi. Di tempat ini terbaring jasad mulia keluarga dan sahabat Rasulullah. Seperti Ali bin Abi Thalib, Fatimah, Aisyah, hingga Utsman bin Affan.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement