Rabu 10 Jul 2024 14:00 WIB

SIG Ciptakan Bahan Bangunan Ramah Lingkungan Dukung NZE

Beberapa produk SIG diklaim lebih rendah karbon dibandingkan semen konvensional.

Red: Satria K Yudha
Logo PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)
Foto: facebook.com/semenindonesiagroup
Logo PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Semen Indonesia (Persero) TBK atau SIG mendukung upaya pemerintah dalam pembangunan rendah karbon dan mengejar target Net Zero Emission (NZE). Hal itu dilakukan dengan menciptakan bahan bangunan ramah lingkungan.

Direktur Operasi SIG Reni Wulandari mengatakan, peningkatan kapabilitas SIG dalam menciptakan bahan bangunan ramah lingkungan tertuang dalam Peta Jalan Keberlanjutan (Sustainability Roadmap) 2030 SIG. Salah satu penerapan prinsip ekonomi sirkular yang dilakukan SIG dalam kegiatan produksi adalah penggunaan bahan bakar alternatif dari limbah industri, biomassa, dan sampah perkotaan yang diolah menjadi refuse-derived fuel (RDF).

SIG disebut memulihkan keberadaan energi atau mineral pada limbah yang sebelumnya tidak termanfaatkan, menjadi alternatif pengganti atas sumber daya alam yang dipakai dalam produksi semen dengan tetap memenuhi standar untuk menjaga kualitas produk dan kepatuhan lingkungan.

Selain pemanfaatan bahan bakar alternatif, lanjutnya, proses produksi di pabrik-pabrik SIG ditunjang dengan implementasi plant digitalization melalui pemanfaatan machine learning, big data dan artificial intelligence untuk optimasi kegiatan produksi untuk mencapai efisiensi penggunaan energi dan peningkatan produktivitas.