Rabu 10 Jul 2024 21:44 WIB

Ketua Perti Sumbar Dukung Kepemimpinan Anak Muda

Menurut Prof Sufyarma, generasi muda harus diberikan kesempatan memimpin daerahnya.

Red: Erik Purnama Putra
Ketua Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) Sumbar sekaligus Rektor Universitas Ekasakti Padang, Prof Dr H Sufyarma Marsidin.
Foto: Republika.co.id
Ketua Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) Sumbar sekaligus Rektor Universitas Ekasakti Padang, Prof Dr H Sufyarma Marsidin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus muda Partai Gerindra Vasco Ruseimy digadang-gadang sejumlah masyarakat Minang, untuk maju Pemilihan Gubernur Sumatra Barat (Pilgub Sumbar) 2024. Apalagi, Vasco sudah dapat penugasan langsung dari Gerindra.

Ketua Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) Sumbar, Prof Dr H Sufyarma Marsidin mengatakan, meski lahir dan besar di luar Sumbar, Vasco Ruseimy tidak pernah meninggalkan adat dan budayanya sebagai orang Minang. "Vasco ini kan sekolahnya besarnya di Jakarta. Tapi adinda ini asli orang Minang. Dia akan cepat membaca kulturnya ini orang Sumatra Barat," katanya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Rektor Universitas Ekasakti Padang tersebut menjelaskan, Vasco layaknya pemimpin bangsa dari tanah Minang, yang sukses merantau di luar daerah. Ketika sudah sukses, sambung dia, para pemimpin itu nantinya pulang untuk membangun daerahnya.

"Banyak orang Sumatra Barat ini besarnya di Jawa, di Bandung, di Jogja. Seperti Bung Hatta, Agus Salim, Emil Salim. Apalagi Vasco alumni UI, nggak sembarang orang masuk UI dia ini kan excellent," ujar Syufarma.

Menurut dia, generasi muda seperti Vasco harus diberikan kesempatan untuk memimpin daerahnya. Karena sudah saatnya, kata Syufarma, ketua DPP Partai Gerindra tersebut menjadi bakat muda yang memimpin Sumbar dalam menyambut program Indonesia Emas 2045. "Generasi milenial dan generasi Z jangan kita tinggalkan, untuk menjadi pemimpin ke depannya," katanya.

Meski demikian, Syufarma berpesan kepada Vasco agar terus belajar serta memahami seluruh budaya dan adat istiadat Minangkabau secara lebih dalam. Sehingga jika ia maju pilgub maka dapat merangkul seluruh pihak di Sumbar.

"Vasco juga bisa membantu siapa saja nanti calon yang berpasangan dengan dia untuk membangun Sumbar lebih maju. Karena dia memiliki networking di pemerintahan pusat yang sangat baik," imbuhnya

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement