Kamis 11 Jul 2024 17:39 WIB

Plaza Seremoni Selesai Dibangun, Tempat Warga Berkumpul Rayakan HUT Kemerdekaan di IKN

Plaza Seremoni dibuat sebaik mungkin untuk menampung masyarakat dan UMKM.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Friska Yolandha
Gedung IKN. Otorita IKN telah rampung membangun Plaza Seremoni.
Foto: Dok Biro SDM dan Humas Otorita IKN
Gedung IKN. Otorita IKN telah rampung membangun Plaza Seremoni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum  dan Perumahan Rakyat juga bertugas menata kawasan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. Beberapa pekan lagi, akan ada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), berlangsung di sana.

Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN  Kementerian PUPR, Imam S Ernawi menjelaskan maksud dari penataan kawasan. Ini agar bangunan-bangunan penting di kantor pemerintahan dan lainnya, bisa lebih terkoneksi satu sama lain. Sehingga menghidupkan ekosistem yang bakal multifungsi.

Baca Juga

Kini fokusnya tentang perayaan HUT kemerdekaan RI ke-79. Pemerintah sudah membangun Plaza Seremoni di depan Istana Negara. Imam memastikan, pembangunan infrastruktur arena ini, sudah rampung. Sekarang berada di tahap penyempurnaan.

"Ini nanti pasti akan ada banyak masyarakat yang meramaikan 17 Agustus di sini. Kita rapikan betul," kata Imam dalam konferensi pers secara daring, Kamis (11/7/2024).

Di dalam Plaza Seremoni, terdapat bangunan melengkung yang digunakan sebagai Visitor Center. Bangunan tersebut berfungsi sebagai pusat informasi. Separuhnya juga disiapkan untuk UMKM, dan sebagainya. 

"Galeri UMKM, dua lantai, di lantai dasar, kita siapkan. Mungkin diupayakan oleh teman-teman Otorita juga, mengundang bagaimana kemitraan untuk bisa menyiapkan UMKM berpartisipasi di 17-an. Saya kira yang berminat akan sangat banyak," ujar Imam.

Setelah Plaza Seremoni, ada Plaza Bendera. Nama lainnya Kawasan Beranda Nusantara. Ini bakal diisi hal-hal yang berbau sejarah.

Salah satunya museum. Progres pengerjaan bangunan gedung di Kawasan Beranda Nusantara ini sudah 64,03 persen. Rencananya pada awal Juni menyentuh angka 61,18 persen. Artinya ada deviasi +2,85 persen.

"Ini targetnya bukan untuk acara 17-an ya," kata Imam.

Terakhir Plaza Bhinneka. Tema dari tiga tempat itu berbeda-beda. Plaza Seremoni mengusung semangat nasionalisme.

Itu karena letaknya sangat dekat dengan istana. Plaza Bendera berisi nuansa perjuangan masa lalu. Ada banyak fakta berisi kisah merebut kemerdekan yang dipamerkan di sana.

"Lalu Plaza Bhinneka kita bicara masa sekarang," ujar Imam.

Ini semua bagian dari proyek PUPR dalam penataan kawasan di IKN. Secara khusus menuju perayaan HUT Kemerdekaan ke-79. Pemerintah juga kebut membangun area pemadam kebakaran. Ada lima titik damkar berdekatan dengan semua lokasi tersebut.

Staf Khusus Bidang Komunikasi  Publik/Juru Bicara Otorota Ibu Kota Nusantara (OIKN), Troy Pantouw juga berbicara mengenai hal ini. Troy mengatakan saat ini sedang tahapan finalisasi beberapa infrastruktur pendukung di lini vital IKN . Khususnya yang berkaitan dengan perayaan HUT ke-17 RI.

"Kami optimistis untuk sarana dan pra-sarananya sebelum acara peringatan HUT Kemerdekaan sudah siap," ujar Jubir OIKN ini kepada Republika.co.id, Rabu (10/7/2024).

Pemerintah berkomitmen....

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement