Sabtu 13 Jul 2024 14:23 WIB

Tahanan Palestina Bebas Setelah 9 Bulan, Dulu Berotot Kini Tubuh Tinggal Tulang dan Kulit

Kisah Abayat viral di media sosial Arab, namun tidak diangkat media Barat.

Red: Ani Nursalikah
Warga Palestina Muazzaz Abayat (39 tahun) dirawat di rumah sakit setelah keluar dari penjara Israel. Dia ditahan selama sembilan bulan.
Foto:

Rekaman kepergian Muazzaz Abayat dari penjara yang menunjukkan punggungnya bungkuk, lengannya memar dan bengkok menjadi viral di saluran media sosial Arab. Namun, hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada minat dari media Barat untuk memberitakannya. Middle East Eye adalah organisasi media barat pertama yang mewawancarai pria berusia 39 tahun tersebut setelah pembebasannya.

Kembali ke Betlehem

Middle East Eye menemukannya di rumah sakit di kota asalnya, Betlehem, tempat dia memulai perjalanan panjang pemulihan. Saudaranya, Ahmed, ada bersamanya.

Tidak ada daging di tubuhnya, hanya kulit dan tulang. Pembuluh darah dan otot menonjol keluar dari lehernya. Trauma sembilan bulan terakhir terpatri di wajahnya.

Abayat dipukuli secara rutin, sangat brutal, dan oleh begitu banyak orang di penjara sehingga dia sekarang melihat semua orang sebagai ancaman potensial. Kata-kata pertamanya kepada Middle East Eye adalah: “Saya tidak pernah dipukuli selama tiga hari sejak saya keluar dari penjara. Saya diberitahu saya tidak akan dipukuli di rumah sakit ini.”