Senin 15 Jul 2024 09:12 WIB

Babak Pertama, Argentina Main Imbang tanpa Gol Lawan Kolombia di Final Copa America 2024

Jhon Cordoba nyaris membawa Kolombia memimpin pada babak pertama.

Red: Israr Itah
Pemain Kolombia Jhon Cordoba (24), rekan setimnya Santiago Arias (4) dan pemain Argentina Nicolas Tagliafico (3) berebut bola dengan pemain lain dalam pertandingan final Copa America di Stadion Hard Rock, Miami Gardens, Florida, Senin (15/7/2024) pagi WIB.
Foto: AP Photo/Rebecca Blackwell
Pemain Kolombia Jhon Cordoba (24), rekan setimnya Santiago Arias (4) dan pemain Argentina Nicolas Tagliafico (3) berebut bola dengan pemain lain dalam pertandingan final Copa America di Stadion Hard Rock, Miami Gardens, Florida, Senin (15/7/2024) pagi WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertarungan sengit tersaji pada laga final Copa America 2024 yang mempertemukan juara bertahan Argentina dengan Kolombia. Hasilnya, belum ada gol tercipta alias 0-0 saat babak pertama berakhir di Stadion Hard Rock, Miami Gardesn, Florida, AS, Senin (15/7/2024) pagi WIB.

Penyerang Kolombia Jhon Cordoba nyaris membawa Kolombia memimpin dengan percobaannya yang mengenai tiang sebelah luar gawang Argentina. Sebaliknya, Tim Tango juga punya peluang lewat sepakan Lionel Messi yang bolanya tertahan oleh rekannya sendiri Julian Alvarez di depan gawang  Kolombia.

Baca Juga

Kolombia menunjukkan alasan mereka lolos hingga ke final. Permainan penguasaan bola yang dilanjutkan serangan agresif ke pertahanan lawan ditunjukkan kembali saat melawan Argentina. Hasilnya, Los Cafeteros menekan pada 15 menit awal.

Menit kelima, sepakan mendatar pemain Liverpool Luis Diaz bisa diamankan kiper Argentina Emiliano "Dibu" Martinez. Dua menit berselang, peluang terbaik hadir saat Cordoba yang menerima bola di kotak penalti langsung melepaskan tendangan setengah voli yang mengenai sisi luar tiang sebelah kanan Dibu.

Kolombia kembali mendapatkan peluang, kali ini lewat sundulan Carlos Cuesta dari jarak dekat. Namun bola masih mudah diamankan oleh Dibu.

Argentina akhirnya mendapatkan peluang pertama pada menit ke-20. Messi melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan Di Maria. Sayangnya, bola mengenai rekan setim Julian Alvarez yang sudah berusaha melompat agar tak menghalangi laju si kulit bundar. Alhasil, kiper Kolombia Camilo Vargas dengan mudah mengamankan bola yang lajunya melemah. 

Setelahnya, Argentina mulai memberikan ancaman. Namun lugasnya pertahanan Kolombia membuat tak ada peluang emas berarti. Begitu pula sebaliknya bagi Kolombia.

Laga ini berlangsung cukup keras, khas pertandingan sepak bola Amerika Latin. Wasit Rapahel Claus banyak membiarkan pertandingan terus berjalan meskipun ada benturan atau tantangan bola keras.

Bek Lisandro Martinez terkapar sempat terkapar setelah ditendang Cordoba saat hendak menghalau bola. Raphael memberikan kartu kuning untuk Cordoba.

Namun tak ada hukuman saat Messi melepaskan tendangan, tapi engkel kakinya terkena terjangan bek Kolombia, di luar garis gawang, yang berusaha meminimalisasi bahaya. Messi sempat mendapatkan perawatan, tapi kemudian kembali ke lapangan meski terlihat tak nyaman.

Skor imbang 0-0 bertahan hingga laga usai.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement