Senin 15 Jul 2024 12:40 WIB

BPS: Ekspor Juni 2024 Turun 6,65 Persen dari Mei Jadi 20,84 Miliar Dolar AS

Ekspor turun didorong penurunan ekspor nonmigas.

Rep: Eva Rianti/ Red: Friska Yolandha
Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan bahwa nilai ekspor pada Juni 2024 mencapai 20,84 miliar dolar AS, atau turun 6,65 persen secara bulanan.
Foto:

Berdasarkan perkembangan ekspor nonmigas Indonesia menurut sektor, pada Juni 2024 total ekspor nonmigas sebesar 19,61 miliar dolar AS. Perinciannya, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan berkontribusi sebesar 0,39 miliar dolar AS, sektor pertambangan dan lainnya 3,16 miliar dolar AS, dan sektor industri pengolahan 16,06 miliar dolar AS.

Menurut penuturan Amallia, nilai ekspor non migas seluruh sektor mengalami penurunan secara bulanan. Penurunan ini utamanya terjadi pada sektor pertambangan dan lainnya yang turun sebesar 25,05 persen dengan andil penurunan sebesar 4,73 persen. Penurunan secara bulanan ini utamanya disebabkan oleh menurunnya nilai ekspor biji tembaga, lignit, batu bara, biji seng, serta batu kerikil.

“Secara tahunan semua sektor mengalami peningkatan kecuali sektor pertambangan dan lainnya yang mengalami penurunan 16,02 persen,” jelasnya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ اِحْسَانًا ۗحَمَلَتْهُ اُمُّهٗ كُرْهًا وَّوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۗوَحَمْلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰثُوْنَ شَهْرًا ۗحَتّٰىٓ اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرْبَعِيْنَ سَنَةًۙ قَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْۗ اِنِّيْ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.”

(QS. Al-Ahqaf ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement