Selasa 16 Jul 2024 16:06 WIB

Kekayaan Ambani Setara Utang RI, Padahal Kemiskinan India Makin Kompleks

Reliance sudah menjalin usaha patungan dengan BlackRock yang berpusat di AS.

Rep: Dian Fath Risalah  / Red: Lida Puspaningtyas
Mukesh Ambani adalah seorang pengusaha dan milyader asal India.
Foto: AP Photo/Ajit Solanki
Mukesh Ambani adalah seorang pengusaha dan milyader asal India.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Miliarder India dan orang terkaya di Asia, Mukesh Ambani menjadi sorotan karena menggelar pernikahan super mewah untuk putra bungsunya, Anant Ambani dengan Radhika Merchant. Rangkaian pesta prnikahan megah tersebut digelar dalam tiga hari pada Jumat (12/7/2024) sampai Ahad (14/7/2024) di Mumbai, India.

Dikutip dari BBC News, keluarga Ambani sering digambarkan sebagai pebisnis paling terkemuka di India. Bisnis yang dimulai oleh sang Ayah, Dhirubhai Ambani sudah menjadikan mereka sebagai konglomerat minyak hingga telekomunikasi.

Baca Juga

Pada 1958, Dhirubhai Ambani mengawali bisnisnya dari Reliance Industries Limited di Mumbai bersama sepupunya. Selang beberapa tahun pada pertengahan 1960-an, Dhirubhai mulai memperluas bisnisnya ke manufaktur tekstil dengan mendirikan Reliance Textiles Engineers Private. Merk Vimal buatannya pun menjadi sangat populer.

Terus mengembangkan bisnisnya, pada 1977, Dhirubhai mulai melakukan penawaran umum perdana (IPO) Reliance Textile Industries. IPO tersebut dianggap salah satu yang terbesar di India pada saat itu.