Jumat 19 Jul 2024 21:22 WIB

Jelang Pilkada, Dandan Ajak Tak Politisasi Difabel

Kepedulian terhadap kaum difabel tidak boleh sekedar dijadikan janji politik

Rep: Muhammad Taufik/ Red: Sandy Ferdiana
Bakal Calon Wali Kota Bandung Dandan Riza Wardana usai menjadi nara sumber dalam diskusi di rooftop Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (19/7/2024).
Foto: Muhammad Taufik/Republika
Bakal Calon Wali Kota Bandung Dandan Riza Wardana usai menjadi nara sumber dalam diskusi di rooftop Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (19/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bakal Calon Wali Kota Bandung Dandan Riza Wardana mengajak semua pihak untuk tidak mempolitisasi kaum difabel, khususnya yang berusia anak-anak. Seruan itu disampaikan Dandan dalam diskusi di rooftop Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (19/7/2024).

Menurut Dandan, kepedulian terhadap anak difabel merupakan kewajiban, khususnya bagi pemimpin. Untuk itu, pihaknya menyayangkan jika praktik kepedulian itu dipolitisasi untuk tujuan tertentu.    

‘’Awal karir saya sebagai staf kantor kelurahan, sehingga tahu betul keberadaan anak difabel, termasuk cara menanggulanginya,’’ ujar Dandan kepada wartawan, Jumat (19/7/2024). Oleh karena itu, upaya penanggulangan kaum difabel dan anak difabel bukan hal baru bagi Dandan.

Dandan menuturkan, kepedulian terhadap kaum difabel tidak boleh sekedar dijadikan janji politik. Terlebih, imbuh dia, jika janji tersebut tidak bisa direalisasikan kelak. Seharusnya, kata dia, kepedulian terhadap kaum difabel itu dilakukan sejak lama, bukan saat akan menjadi calon pemimpin.

Pihaknya mengajak semua balon wali kota Bandung untuk tidak sekadar mengumbar janji-janji, khususnya dalam memerhatikan kaum difabel. Dandan mengungkapkan, Forum Ngadandanan Bandung yang didirikan jauh hari sebelum musim pilkada, salah satu aktivitasnya yaitu melakukan aksi peduli terhadap anak difabel. Aksi tersebut, tegas dia, menjadi salah satu yang dimatangkan dalam visi Bandung Asikk (Agamis, Sejahtera, Inovasi Kreatif dan Kolaboratif).

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرٰى عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا اَوْ كَذَّبَ بِاٰيٰتِهٖۗ اُولٰۤىِٕكَ يَنَالُهُمْ نَصِيْبُهُمْ مِّنَ الْكِتٰبِۗ حَتّٰٓى اِذَا جَاۤءَتْهُمْ رُسُلُنَا يَتَوَفَّوْنَهُمْۙ قَالُوْٓا اَيْنَ مَا كُنْتُمْ تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗقَالُوْا ضَلُّوْا عَنَّا وَشَهِدُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ اَنَّهُمْ كَانُوْا كٰفِرِيْنَ
Siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah atau yang mendustakan ayat-ayat-Nya? Mereka itu akan memperoleh bagian yang telah ditentukan dalam Kitab sampai datang para utusan (malaikat) Kami kepada mereka untuk mencabut nyawanya. Mereka (para malaikat) berkata, “Manakah sembahan yang biasa kamu sembah selain Allah?” Mereka (orang musyrik) menjawab, “Semuanya telah lenyap dari kami.” Dan mereka memberikan kesaksian terhadap diri mereka sendiri bahwa mereka adalah orang-orang kafir.

(QS. Al-A'raf ayat 37)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement