Sabtu 20 Jul 2024 06:39 WIB

Pelajaran dari Wafatnya Pasutri Lansia Hingga Membusuk: Wahai Anak Ingat Selalu Ayat Ini

Islam menegaskan perintah berbakti kepada orang tua

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Garis polisi.   (ilustrasi). Islam menegaskan perintah berbakti kepada orang tua
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Garis polisi. (ilustrasi). Islam menegaskan perintah berbakti kepada orang tua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Belum lama ini, viral sebuah video pasangan suami istri lanjut usia (Pasutri lansia) yang ditemukan meninggal dalam kondisi membusuk di rumahnya di kawasan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Saat ditemukan warga, jasad mereka di atas kasur sangat memprihatinkan.

Diketahui, pasangan lansia yang dikenal sebagai Opa Hans dan Oma Rita tersebut memiliki tiga anak. Masyarakat pun banyak yang mempertanyakan ketidakhadiran anak-anak mereka, yang dianggap tidak peduli terhadap kedua orang tuanya.

Baca Juga

Lalu bagaimana merawat orang tua yang sudah dalam Alquran? Apakah kita wajib merawatnya hingga sepuh?

Merawat orang tua yang sudah sepuh merupakan kewajiban yang sangat ditekankan dalam Islam. Mereka yang berbakti kepada orang tuanya akan mendapatkan pahala yang besar, apalagi orang tuanya tersebut sudah tua renta.

Dalam Alquran, Allah SWT telah memerintahkan kepada hamba-Nya agar merawat orang tuanya dengan baik sampai sepuh. Allah SWT berfirman:

۞ وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

Artinya: "Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, serta ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik." (QS Al-Isra [17]: 23).

Menukil Tafsir Tahlili Kemenag, dijelaskan bahwa dalam ayat ini Allah memerintahkan kepada seluruh manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Perintah ini mempunyai maksud agar manusia memahami betapa pentingnya berbuat baik terhadap kedua orang tua.

Perintah ini juga dimaksudkan agar mereka mensyukuri kebaikan kedua ibu bapak, betapa beratnya penderitaan yang telah mereka rasakan, baik pada saat melahirkan maupun ketika kesulitan dalam mencari nafkah, mengasuh, dan mendidik anak-anak dengan penuh kasih sayang.

Maka pantaslah apabila berbuat baik kepada kedua ibu bapak dijadikan sebagai kewajiban yang paling penting di antara kewajiban-kewajiban yang lain, dan diletakkan Allah dalam urutan kedua sesudah kewajiban manusia beribadah hanya kepada-Nya. Allah SWT juga berfirman:

۞ وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا

Artinya: "Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua." (QS an-Nisa' [4]: 36).

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement