Sabtu 20 Jul 2024 20:05 WIB

Sistem Rem Perlu Dibersihkan dengan Cairan Khusus, Ini Alasannya

Cairan pembersih rem khusus mampu menghilangkan kontaminan secara cepat.

Red: Friska Yolandha
Ini alasan sistem pengereman hingga suku cadang pada mobil dan motor perlu dibersihkan secara berkala dengan cairan khusus.
Foto: dok SIS
Ini alasan sistem pengereman hingga suku cadang pada mobil dan motor perlu dibersihkan secara berkala dengan cairan khusus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membersihkan sistem pengereman sering terlewatkan oleh sebagian pemilik kendaraan. Padahal, suku cadang dan sistem pengereman yang tidak dibersihkan secara berkala dapat menumpuk debu, kotoran, minyak, dan residu lainnya yang dapat mengurangi kinerjanya. 

Produsen pelumas serbaguna Rexco membeberkan alasan sistem pengereman hingga suku cadang pada mobil dan motor perlu dibersihkan secara berkala dengan cairan khusus.

Baca Juga

Cairan pembersih rem khusus, mampu menghilangkan kontaminan secara cepat, efektif tanpa merusak komponen rem dan tanpa pembakaran, serta meningkatkan kinerja masa pakai kendaraan.

“Cairan ini penting dan efektif menghilangkan minyak, gemuk (grease), dan cairan lain yang dapat terbawa ke permukaan piringan rem atau blok rem. Hal ini membantu mencegah slip atau pengereman tidak efektif karena kontaminasi,” ujar Brand Marketing Manager Rexco Indonesia Tomy Tambrani.

Selain itu, pembersihan komponen rem dengan cairan khusus secara teratur dapat membantu memperpanjang umur pakai komponen-komponen rem seperti piringan rem, blok rem, dan kaliper. Membersihkan dan menjaga komponen rem dalam kondisi baik dapat mencegah keausan yang tidak perlu.

“Penting untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan dan keamanan yang tertera pada kemasan untuk menghindari potensi kerusakan pada bagian plastik atau karet di sekitar sistem rem,” ujar Tomy.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement