Selasa 23 Jul 2024 10:54 WIB

Gunung Gede Membeku 0 Derajat, Suhu Ekstrem Juga Terjadi di Merbabu, Antisipasi Hal Ini

Di rentang waktu bulan Juli ini, Merbabu mencapai di bawah 5 derajat Celcius.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Mas Alamil Huda
Pengunjung berada di depan tendanya, di lereng Gunung Merbabu, di Desa Cuntel, Kopeng, Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (19/8/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Pengunjung berada di depan tendanya, di lereng Gunung Merbabu, di Desa Cuntel, Kopeng, Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (19/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI – Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) meminta para wisatawan agar menyiapkan diri sebelum mendaki gunung merbabu akibat fenomena bediding atau suhu dingin. Plt Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Nurpana Sulaksono mengatakan, di rentang waktu bulan Juli ini pihaknya mencatat suhu dingin menyentuh di bawah 5 derajat Celcius.

"Ini terkait suhu dingin dari BMKG sudah dapat kabar ada fenomena angin selatan ke utara menyebabkan kondisi menjadi dingin. Di Merbabu dingin sampai di bawah 5 Celcius kita juga temukan embun beku di pertengahan. Kalau suhu dingin sejak awal Juli," kata Nurpana ketika dihubungi Selasa (23/7/2024).

Baca Juga

Pihaknya mengimbau agar para wisatawan menyiapkan peralatan dan obat-obatan sebelum mendaki Gunung Merbabu. Ia juga meminta agar para pendaki sehat secara fisik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Jadi untuk kondisi saat ini lumayan dingin untuk para wisatawan diharapkan harus menjaga diri kondisi fit ketika naik ke Merbabu. Dipastikan membawa melengkapi dengan berbagai peralatan juga obat-obatan itu udah pasti, terus kemudian jaket hangat, kaos tangan, kerpus, sleeping bag, matras semua harus dibawa dan barang ganti juga harus disiapkan itu kena embun atau air maka ada barang ganti," katanya.

Hingga kini, pihaknya mengatakan belum ada laporan terkait pada pendaki yang mengalami hipotermia di Gunung Merbabu. "Beberapa pekan ini belum ada laporan hipotermia karena kami mengimbau kalau keadaan sakit, nggak fit, kami imbau tidak naik dan memastikan perlengkapan yang di bawa lengkap," katanya.

photo
Dinginnya suhu di zaman es - (republika)

Gunung Gede mencapai 0 derajat.. baca di halaman selanjutnya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement