Rabu 24 Jul 2024 15:54 WIB

Bella Hadid, Supermodel yang Lantang Dukung Palestina Merdeka

Bella Hadid selalu bangga akan identitas dirinya sebagai keturunan Palestina.

Red: Hasanul Rizqa
Bella Hadid
Foto: EPA
Bella Hadid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Adidas telah menyampaikan permintaan maaf kepada supermodel Bella Hadid. Sebelumnya, perusahaan pakaian olahraga terbesar se-Eropa itu menarik peredaran iklan SL72, yang di dalamnya perempuan berkebangsaan Amerika Serikat (AS) tersebut menjadi modelnya.

Kampanye itu terinspirasi dari gelaran Olimpiade Munich 1972. Namun, kalangan yang pro-Israel menyuarakan protes lantaran tidak terima promosi produk sepatu SL72 menampilkan sosok Bella Hadid, seorang keturunan Palestina.

Baca Juga

"Kami membuat sebuah kesalahan yang tidak disengaja. Kami meminta maaf kepada rekanan kami, Bella Hadid, A$AP Nast, Jules Kounde, dan lainnya, atas dampak negatif terhadap mereka dan kami akan merevisi iklannya," demikian pernyataan perwakilan Adidas Originals, lewat akun Instagram, Selasa (22/7/2024).

Isabella Khair Hadid atau yang populer disebut Bella Hadid lahir pada 9 Oktober 1996. Seperti dilansir dari laman Vogue, di sepanjang kariernya hingga kini ia telah tampil sebanyak 26 kali di halaman muka majalah Vogue edisi internasional.

Pada 2022, Bella Hadid meraih penghargaan "Model of the Year" dari British Fashion Council. Majalah Time memasukkan namanya ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di seluruh dunia, setahun kemudian.

Lahir di Washington DC, Bella Hadid tumbuh besar di Santa Barbara, California. Ia mengawali karier di dunia model saat masih berusia 16 tahun. Pada Agustus 2014, dirinya menandatangani kontrak dengan IMG Models. Sebulan kemudian, anak pasangan Muhammad dan Yolanda Hadid itu memulai debut di New York Fashion Week.

Pada 2016, Bella Hadid didaulat menjadi "Model of the Year" oleh kalangan profesional di Models.com. Setahun kemudian, ia berhasil melampaui rekor model Belanda, Doutzen Kroes, sebagai model yang paling banyak tampil dalam satu tahun di sampul Vogue edisi September. Ketika itu, gadis dengan tinggi 1,74 meter tersebut muncul di lima edisi internasional sekaligus: China, Spanyol, Brazil, Australia, dan Arab Saudi.

Sejak 2018, Bella Hadid menduduki peringkat teratas sebagai supermodel dengan pendapatan terbesar. Ditaksir, kekayaannya mencapai 25 juta dollar AS atau setara lebih dari Rp 370 miliar per November 2023. Tidak hanya berpose di depan kamera, penghasilannya diperoleh pula antara lain melalui berakting di film serta merilis produk minuman sehat.

Bella juga bersaudara kandung dengan supermodel Gigi Hadid (lahir 1995). Sang kakak telah tampil sekurang-kurangnya 50 kali di sampul Vogue edisi intenasional.

Ayah mereka, Muhammad Hadid, adalah seorang pengusaha properti dan berpaspor AS-Yordania. Bila ditelusur riwayatnya, Muslim tersebut adalah keturunan Zahir al-Umar, seorang tokoh Palestina utara pada abad ke-18.

Adapun ibu Bella dan Gigi, merupakan seorang Belanda yang lahir dengan nama van den Herik. Yolanda Hadid, demikian namanya sesudah menikah, juga berkarier di dunia model. Namun, sosoknya lebih terkenal sebagai bintang acara reality-show TV berjulul "The Real Housewives of Beverly Hills."

Muhammad dan Yolanda menikah pada 1994. Namun, pada 2000 keduanya bercerai.

Bella selalu bangga dengan identitas dirinya sebagai keturunan Palestina. Ia mengenang cerita ayahnya yang turut menyaksikan, bagaimana zionis-Israel merampas tanah air mereka pada 1947-1948.

Sebelum pecah Perang 1947-1948, keluarga Hadid sempat bertahan di Palestina utara, tetapi kemudian terpaksa mengungsi ke Lebanon. Menurut Bella Hadid dalam sebuah tulisan di akun Instagram pribadi, keluarganya tidak akan pernah melupakan Hari Nakba itu.

"Ayah mengungsi karena tidak mau keluarganya hidup di bawah penjajahan Israel," tulisnya.

Pada 2015, Bella juga menulis di akun Instagram-nya: "Kami menjadi pengungsi di Suriah dan kami kehilangan rumah kami di Safad yang dirampas keluarga Yahudi. Padahal, mereka sebelumnya adalah pengungsi dari Polandia yang kami tampung di rumah kami. Mereka (bercerita) telah berlayar dari Polandia ke satu negara hingga negara lain, tetapi tidak ada jua yang mau menampung. ... Selama dua tahun, mereka menjadi tamu kami, sampai akhirnya justru kami-lah yang ditendang keluar dari rumah kami sendiri oleh mereka."

Seperti dilaporkan BBC, pada Juni 2024 Bella dan Gigi Hadid memberikan 1 juta dolar AS melalui lembaga kemanusiaan untuk disalurkan kepada rakyat Palestina. Keduanya juga pada April 2024 ikut meluncurkan Watermelon Pictures, yakni perusahaan produksi dan distribusi film dari warga Palestina untuk kepentingan Palestina dan kemanusiaan umumnya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement