Jumat 26 Jul 2024 07:57 WIB

Viral Polisi Inggris dengan Brutal Menendang Wajah Pria Muslim di Bandara, Ini Faktanya

Kekerasan diduga berawal dari keributan di bandara, dan petugas jadi korban serangan.

Red: Teguh Firmansyah
Polisi Manchester menendang wajah seorang warga di Bandara Manchester
Foto:

Polisi Manchester mengakui bahwa kejadian yang terlihat dalam video tersebut benar-benar mengejutkan dan tidak biasa. Petugas pun secara sukarela menyerahkan diri ke pengawas polisi independen Inggris untuk penyelidikan penuh.

Kantor Independen untuk Pengawasan Perilaku Polisi (IOPC) mengonfirmasi bahwa pihaknya telah meluncurkan penyelidikan.

“Kami menghargai rekaman yang dibagikan di media sosial yang telah menarik keterkejutan dan kekhawatiran luas. Sangat penting bagi kita untuk menyelidiki semua keadaan seputar insiden tersebut,” kata kantor tersebut dalam sebuah pernyataan.

Akhmed Yaqoob, pengacara keluarga pria yang terlihat diinjak dalam insiden tersebut mengatakan kondisi medisnya memburuk dalam semalam. Hasil scan menunjukkan ada kista di otaknya.

Berbicara kepada wartawan di Rochdale, dia mengatakan keluarga tersebut 'trauma' dengan kejadian tersebut, dan menambahkan bahwa mereka telah mengajukan pengaduan terhadap polisi.

Video-video tersebut mulai beredar pada hari Rabu, dengan cepat menjadi viral di media sosial dan memicu protes dari masyarakat dan beberapa politisi.

Salah satu video menunjukkan seorang pria tergeletak di tanah dengan setidaknya dua petugas polisi mengarahkan taser ke arahnya.

Seorang petugas polisi pria mendekati pria tersebut dan mulai menendang wajahnya, sementara tasernya masih ditarik, sebelum menginjak kepalanya. Seorang wanita terdengar berteriak “hentikan, dia tidak melakukan apa pun!”

Kemudian dalam video yang sama, seorang pria lain, yang tangannya berada di udara sambil duduk di dekatnya, terjatuh setelah seorang petugas polisi mengarahkan taser ke arahnya.

Setelah pria kedua berlutut di tanah, salah satu petugas mulai menendangnya sebelum petugas lain menjatuhkannya ke tanah dan tampak mencoba menahan tangannya di belakang punggung. Percikan kecil darah muncul di lantai di tempat kejadian.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement