Jumat 26 Jul 2024 13:53 WIB

Upaya Memupuk Ketakwaan: Jadwal Sholat Hari Ini, 26 Juli 2024 di Bandung

Sholat merupakan salah satu rukun Islam.

Red: Muhammad Hafil
Keutamaan Sholat Berjamaah (ilustrasi)
Foto: Republika
Keutamaan Sholat Berjamaah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --Dalam sebuah era yang segalanya serba cepat dan penuh hingar-bingar, terkadang kita lupa akan kewajiban spiritual yang harus kita jalani sehari-hari. Salah satu bentuk ibadah yang harus senantiasa kita pegang teguh adalah sholat. Sholat adalah tiang agama, sebagaimana diungkapkan dalam Surat Al-Baqarah ayat 43: "Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'."

Tidak ada hal yang lebih menenangkan hati seorang Muslim selain menjalankan sholat tepat pada waktunya. Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dalam setiap kesempatan yang ada memberikan ketenangan jiwa yang tak tergantikan oleh apapun. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu memperhatikan dan mematuhi jadwal sholat sebagai panduan dalam menjalankan kewajiban kita.

Hari ini, Jumat, 26 Juli 2024, untuk wilayah Bandung, waktu sholat adalah sebagai berikut:

- Shubuh: 04:43 WIB

- Dhuhur: 11:59 WIB

- Ashar: 15:21 WIB

- Maghrib: 17:53 WIB

- Isya: 19:05 WIB

Mendalamkan Makna Sholat dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sholat tidak hanya sebatas gerakan tubuh maupun bacaan yang diucapkan. Lebih dari itu, sholat adalah bentuk komunikasi langsung antara hamba dan Tuhannya. Dalam sholat, kita memohon ampunan, mendapatkan petunjuk, dan meraih ketenangan batin. Ada ketenangan dan kedamaian yang sulit dijelaskan dalam kata-kata ketika kita berdoa dan bersujud di hadapan Allah SWT.

Kutipan hadits Rasulullah SAW mengingatkan kita akan pentingnya sholat dalam hidup seorang Muslim: "Perbanyaklah sujud kepada Allah karena tidak ada kamu sujud kepada Allah kecuali Allah mengangkat derajatmu satu derajat, dan meleburkan dosamu satu dosa" (HR. Muslim).

Oleh karena itu, mari kita selalu berusaha untuk melaksanakan sholat dengan sepenuh hati dan tepat waktu. Jadikan sholat sebagai kesempatan untuk menjernihkan pikiran dan memperkuat ketakwaan kita. Dengan demikian, kita akan mampu menjalani hari-hari kita dengan lebih baik, penuh dengan semangat dan keberkahan.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement