Ahad 28 Jul 2024 12:34 WIB

Pekarangan Jadi Sumber Sayuran Sehat dan Tambahan Pendapatan di Air Talas

Ia dan suaminya kerap mengajak dan mengajari tetangganya untuk menanam hortikultura.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Neng Ani Marlianti, salah satu perempuan yang rajin memanfaatkan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan dapur di Muara Enim, Sumatra Selatan.
Foto: Dok. PHKZ
Neng Ani Marlianti, salah satu perempuan yang rajin memanfaatkan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan dapur di Muara Enim, Sumatra Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MUARA ENIM -- Meski urusan dapur tak selamanya milik Perempuan, namun perempuan mahir dalam mengurusnya. Termasuk mempertahankan agar di dapur selalu tersedia bahan makanan yang sehat dari pekarangan.

Angka kemiskinan Desa Air Talas, Kecamatan Rambang Niru, Kabupaten Muara Enim termasuk tinggi. Menurut Pusat Data Indonesia, saat ini Desa Air Talas tergolong berkembang, belum maju. Angka penerima Bansos pun tinggi.

Baca Juga

Padahal rata-rata KK memiliki lahan pekarangan yang luas namun belum dimanfaatkan. Sementara ibu-ibu harus membeli sayur dan buah-buahan yang seharusnya bisa ditanam di pekarangan.

Neng Ani Marlianti, salah satu perempuan yang rajin memanfaatkan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan dapur. Aneka sayur ditanam sehingga mengurangi uang yang dibelanjakan untuk membeli sayuran dan bumbu. Selain itu, sayuran dan bumbu juga lebih sehat karena dibudidayakan secara organik.