Senin 29 Jul 2024 09:08 WIB

Wakaf 10 Ribu Alquran Meriahkan Ujung Kulon Culture Festival 2024

Event ini menjadi wadah untuk memperkuat nilai-nilai religius Pandeglang.

Red: A.Syalaby Ichsan
Tebar Wakaf 10 Ribu Alquran
Foto: Dok Amanah Takaful
Tebar Wakaf 10 Ribu Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG -- Ujung Kulon Culture Festival 2024 yang berlangsung selama empat hari, sejak 26 hingga 29 Juli 2024, menjadi ajang promosi pariwisata dan pelestarian budaya di Kabupaten Pandeglang. Kegiatan yang digelar di kawasan Taman Edukasi Kecamatan Sumur ini menarik perhatian baik dari masyarakat lokal maupun wisatawan dan di dukung oleh Pemerintahan dan kementerian terkait.

Bupati Pandeglang Irna Narulita, mengungkapkan, festival ini merupakan langkah strategis untuk memperkenalkan keindahan alam dan kekayaan budaya yang menjadi ciri khas Pandeglang ke kancah nasional hingga internasional. "Dengan semakin dikenal, kami berharap kunjungan wisatawan ke Pandeglang akan semakin meningkat, dan melalui kegiatan seperti ini, kita dapat menjaga agar warisan budaya kita tetap lestari dan tidak terkikis oleh zaman,"ujar dia lewat keterangan tertulis kepada Republika, Senin (29/7/2024).

Baca Juga

 

Event yang digelar bersama lintas organisasi dan komunitas ini tidak hanya menjadi ajang promosi pariwisata dan pelestarian budaya, tetapi juga menjadi wadah untuk memperkuat nilai-nilai religius yang menjadi ciri khas Pandeglang. Salah satunya adalah penyerahan simbolis 10 ribu Alquran oleh Amanah Takaful kepada PJ Gubernur Banten, Al Muktabar, yang disaksikan langsung oleh Bupati Pandeglang, Irna Narulita dan sejumlah pejabat dan tokoh yang hadir.

"Selain aspek budaya dan pariwisata yang ditonjolkan di acara ini, kami ingin tetap memberikan sentuhan religi dan sosial dalam rangka menguatkan citra Pandeglang sebagai Kota Sejuta Santri, Seribu Ulama dengan menyalurkan 10 ribu Alqur’an untuk Majelis Taklim Se-Kabupaten Pandeglang sekaligus mengenalkan program Majelis Taklim Berta’awun  yang sedang kami gencarkan di wilayah Pandeglang Banten" ujar Direktur Amanah Takaful Ade Abdurachman.

Sebagai bentuk dukungan lainnya, Amanah Takaful juga menyelenggarakan pengobatan gratis 1000 pasien, tabligh akbar peduli Palestina, dan parade qori nasional. “Kami sangat mendukung dan berharap program ini dapat diselenggarakan di lokasi lainnya” tambahnya.

Geopark Nasional Ujung Kulon jadi magnet wisata

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten, Al Muktabar, menyampaikan bahwa penetapan Ujung Kulon sebagai Geopark Nasional pada November 2023 menjadi momentum penting untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. "Ujung Kulon memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata unggulan, baik dari segi keindahan alam maupun kekayaan geologisnya," ungkapnya.

Al Muktabar menambahkan bahwa dengan status Geopark Nasional, Ujung Kulon akan semakin menarik minat para peneliti dan akademisi untuk melakukan studi. Hal ini tentunya akan berdampak positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Panitia penyelenggara Ujung Kulon Culture Festival menyampaikan apresiasi atas dukungan dari berbagai pihak, "Terima kasih kami kepada seluruh pihak terutama Amanah Takaful yang telah berkolaborasi dalam menyukseskan agenda yang dibangun dalam semangat membangun ekonomi dan wisata serta religi dan keagamaan. Keterlibahan semua lembaga dan amanah takaful sangat berdampak baik untuk terus mengembangkan potensi Kabupaten Pandeglang dan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat," ujar Fahrurizal, panitia UCF 2024.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement