Senin 29 Jul 2024 18:25 WIB

Piala Presiden, Bukan Turnamen Pemanasan Biasa

Piala Presiden menjadi ajang pramusim yang mempersiapkan pemain menghadapi liga.

Rep: Fredikus Dominggus/ Red: Muhammad Hafil
Piala Presiden 2024
Foto: dok Piala Presiden 2024
Piala Presiden 2024

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Penikmat sepak bola terbiasa mengikuti sebuah kompetisi. Mereka sampai meluangkan waktu untuk menonton aksi sederet bintang lapangan hijau.

Bicara kompetisi sepak bola, ada tahapan lumrah mengenai penjadwalan, di setiap musimnya. Normalnya, sebelum turnamen resmi bergulir, ada ajang pemanasan. Pemandangan ini terlihat di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Baca Juga

Khusus di tanah air, sedang berlangsung Piala Presiden 2024. Tepatnya sejak 19 Juli hingga 4 Agustus 2024. Sebanyak delapan tim bertanding memperebutkan trofi. Ada Borneo FC, Persib Bandung, Persis Solo, PSM Makassar, Persija Jakarta, Arema FC, Madura United, serta Bali United. 

Ini merupakan ajang pemanasan jelang bergulirnya Liga 1 Indonesia musim 2024/25. Sekilas tampak biasa. Temanya mirip aktivitas di luar negeri.

Namun jika dilihat lebih detail, ada perbedaan. Ini bukan turnamen pemanasan biasa. Seperti judulnya, bahkan orang nomor satu di negeri ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun memiliki waktu tersendiri untuk menontonnya.

Jokowi menyaksikan laga perdana Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung melawan PSM Makassar. Partai tersebut berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/7/2024). Lewat media sosial resminya nampak Presiden didampingi ibu negara Iriana, serta sejumlah pejabat tinggi lainnya. Hadir juga Ketua Umum PSSI, ErickThohir di tribun VIP arena tersebut.

Presiden nampak antusias. Ia menikmati apa yang tersaji di lapangan. Bahkan beredar gambar, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menunjukkan beragam ekspresi di sepanjang pertandingan. Sesekali ia mendorong wajahnya ke depan sembari ikut berteriak. Lalu di momen lain, Jokowi bertepuk tangan ketika kedua tim menghasilkan peluang. Tak lupa, ia melayani permintaan foto bersama dari para penggemar.

"Sejak diadakan tahun 2015, Piala Presiden telah menjadi ajang pramusim yang turut mempersiapkan pemain untuk menghadapi kompetisi liga. Saya meminta semua pihak untuk memperbaiki kualitas liga di Indonesia, karena liga yang baik akan melahirkan tim nasional yang kuat," kata Jokowi seperti tertulis di Instagram resminya.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement