Jumat 02 Aug 2024 02:58 WIB

Jokowi Terpikat Catwalk AI Elon Musk

Jokowi menilai kreativitas di bidang AI jadi peluang perkembangan digital.

Rep: Eva Rianti/ Red: Gita Amanda
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ketertarikannya pada karya Elon Musk berupa catwalk artificial intelligence (AI). (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/ADI WEDA
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ketertarikannya pada karya Elon Musk berupa catwalk artificial intelligence (AI). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ketertarikannya pada karya Elon Musk berupa catwalk artificial intelligence (AI) yang menampilkan wajah para tokoh dunia. Jokowi menginginkan SDM-SDM Indonesia juga punya potensi dalam mengembangkan kreativitas semacam itu.

“Banyak sektor sudah mulai beralih ke AI, mulai dari administrasi, jasa entertainment, bahkan kalau kita lihat Elon Musk sudah membuat AI Catwalk, modenya menggunakan wajah-wajah para tokoh dunia,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI) x Karya Kreatif Indonesia (KKI) di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Baca Juga

Jokowi kemudian menyebutkan beberapa nama tokoh dunia yang wajahnya ditampilkan dalam catwalk AI karya Elon Musk. Mulai dari Elon Musk sendiri, Presiden AS ke-45 Donald Trump, Presiden Korea Utara Kim Jong Un, eks Ketua Dewan AS Nancy Pelosi, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, eks Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton, pencipta Facebook Mark Zuckerberg, serta Presiden AS ke-44 Barack Obama.

“Ini akan menjadi potensi bisnis ke depan, transformasi ke bentuk-bentuk digital dipasarkan secara digital lewat AI catwalk, lewat etalase-etalase digital. Nanti bisa langsung dibeli secara digital dan menggunakan jasa pembayaran digital,” jelasnya.

Jokowi menilai kreativitas di bidang AI tersebut menjadi peluang dalam perkembangan digitalisasi ekonomi. Termasuk bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

“Bayangkan jika produk UMKM kita bisa seperti ini, karena jumlah UMKM kita sangat besar 64 juta, tentu digital UMKM ini akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi digital dan pembayaran digital kita. Sehingga saya titip transformasi digital itu harus inklusif, berkeadilan,” jelas Jokowi.

Hal itu disampaikan Jokowi di hadapan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, serta Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar. Eva Rianti

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement