Kamis 08 Aug 2024 15:05 WIB

Mengenal Sosok Mahasiswa Berprestasi Unisba

Capaian unggulan, gagasan kreatif, kemahiran berbahasa Inggris jadi poin penting.

Red: Gita Amanda
Sely Astuti, mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Islam Bandung (Unisba) angkatan 2021 yang dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tahun 2024.
Foto: Unisba
Sely Astuti, mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Islam Bandung (Unisba) angkatan 2021 yang dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tahun 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa berprestasi merupakan sosok individu yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik saja, tetapi juga aktif dalam berbagai aktifitas yang menghasilkan berbagai prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional.

Universitas Islam Bandung (Unisba) sebagai perguruan tinggi swasta Islam yang terakreditasi 'Unggul' dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan merupakan lembaga pendidikan tinggi yang mampu mengintegrasikan antara nilai-nilai keagamaan dan akademik, berperan aktif dalam menghasilkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi  dalam mencapai potensi maksimalnya.

Baca Juga

Adalah Sely Astuti, mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Islam Bandung (Unisba) angkatan 2021 yang dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tahun 2024. Capaian unggulan, gagasan kreatif, serta kemahiran berbahasa Inggris menjadi poin penting yang membuatnya unggul dari kandidat-kandidat lain.

Sebelum menjadi Mawapres, Sely telah mengukir berbagai prestasi gemilang, seperti National University Debating Champions (NUDC) dengan dua kali menjadi pemenang dan best speaker, menjadi presenter terbaik di konferensi internasional, hingga student mobility ke Malaysia. “Dari NUDC, saya termotivasi untuk mengikuti hal-hal lain yang sesuai minat dan potensi saya,” ujarnya.

Tidak hanya berhasil di ranah akademik, Sely juga pandai mengelola waktu antara kegiatan akademik dan non-akademik. Dengan jurnal harian dan metode pengelolaan waktu yang efektif, Sely mampu menjalani kegiatan sehari-hari dengan baik. Ia menggunakan metode Matriks Eisenhower yang dapat mengklasifikasikan waktu untuk mengerjakan akademik maupun non-akademik.

“Semua hal baik di dunia ini dimulai dengan mimpi. Jika kita sudah memiliki mimpi, seluruh semesta juga akan membantu untuk mewujudkannya. Teruslah memiliki mimpi, jangan takut seberapapun kamu gagal,” ucapnya.

Sely pun membagikan tipsnya agar bisa memperoleh peluang sehingga bisa menjadi mahasiswa berprestasi seperti dirinya yaitu harus selalu ingat dengan tujuan, cita-cita dan mimpi yang ingin dicapai. “Dengan cara itu aku pribadi bisa mempertahankan motivasi untuk konsisten mengejarnya. Lalu buat goals juga penting dengan dibarengi usaha buat mencapai tujuan/mimpi itu,” ujarnya.

Ia pun berpesan untuk tidak takut gagal dalam mencoba berbagai hal. “Karena pastinya aku pun pernah gagal ribuan kali tapi selalu lihat ada hal positif yang bisa diambil, dengan berfikir kayak ‘well, at least now i know how to debate like a pro’,” kata Sely.

Menurut Sely, dengan banyak mencoba berbagai hal walaupun hasilnya berbeda-beda dan terkadang tidak sesuai apa yang diharapkan, upaya yang telah dilakukan semaksimal mungkin tersebut menjadi hal yang sangat penting untuk bisa lebih mengembangkan diri. “Jangan takut coba atau gagal, asal dibarengin usaha yang maksimal dengan kapasitas diri, maka jatuhnya itu gak akan terlalu sakit,” ungkapnya.

Terakhir tipsnya adalah dengan manajemen waktu yaitu dengan pintar mengatur waktu untuk segala kegiatan termasuk untuk diri sendiri. “Ini agar tetap ‘waras’, jadi sempatkan waktu buat kerja. Ambisi boleh tapi jaga kesehatan mental, fisik, dan otak,” ujar Sely.

Sely berharap ke depannya ia bisa lebih berdampak lagi kepada masyarakat, baik dari mental healthnya atau dari ilmu yang pernah dipelajari saat berkuliah di psikologi. “Caranya dengan menggali ilmu saya lagi dibidang yang terkhusus misalnya dari riset psikologi yang berdampak nantinya menjadi psikolog dan bisa langsung terjun ke masyarakat,” terangnya.

Ia juga berharap nantinya bisa memperoleh kesempatan memperoleh ilmu psikologi dari universitas terkemuka yang ada di Inggris untuk belajar, serta saat menyelesaikan studinya nanti dan kembali lagi ke Indonesia bisa mengimplementasikannya sehingga dapat berdampak untuk masyarakat.

Terakhir harapannya adalah bisa lebih mengembangkan diri dengan lebih kreatif lagi dengan membuat inovasi-inovasi baru untuk mental health bangsa Indonesia.

Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, Sely telah membuktikan Unisba adalah tempat yang tepat untuk meraih prestasi dan mengembangkan diri. Mari bergabung dengan Unisba dan bersama-sama kita wujudkan masa depan yang gemilang. Jadilah bagian dari generasi muda berprestasi yang siap memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara. Unisba, pilihan tepat untuk pendidikan berkualitas dan masa depan cemerlang!

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement