Jumat 09 Aug 2024 16:07 WIB

'UMKM Perlu Bangun Jejaring dan Ciptakan Brand'

Ada empat poin penting yang harus dimiliki wiraswasta termasuk UMKM.

Red: Fernan Rahadi
Sesi workshop untuk UMKM dengan tema Tambah Teman, Tambah Maju Ala Paguyuban pada ajang Pesta Rakyat UMKM Untuk Indonesia di Jakarta, Senin (22/7/2024).
Foto: dokpri
Sesi workshop untuk UMKM dengan tema Tambah Teman, Tambah Maju Ala Paguyuban pada ajang Pesta Rakyat UMKM Untuk Indonesia di Jakarta, Senin (22/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Membangun jejaring dan menciptakan brand menjadi dua pengetahuan yang perlu dimiliki UMKM. Lewat jejaring dan komunitas, pelaku UMKM bisa saling belajar, sementara menciptakan brand merupakan seni untuk menggaet dan menciptakan loyalitas pelanggan.

Founder of The Entrepreneur Society (TES) Klemens B. Rahardja mengatakan bahwa jejaring (networking) sangat penting dalam merintis dan membangun usaha. Lewat jejaring, pelaku UMKM dapat saling belajar, berbagi dan meningkatkan omzet.

"Networking, berjejaring sosial itu bisa di mana saja. Banyak komunitas yang bisa dicari karena manusia itu makhluk sosial. Kita bisa melihat contohnya dari Paguyuban SRC," ujarnya pada sesi workshop untuk UMKM dengan tema "Tambah Teman, Tambah Maju Ala Paguyuban" pada ajang "Pesta Rakyat UMKM Untuk Indonesia" di Jakarta, Senin (22/7/2024).

Sebagai konteks, Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC) adalah komunitas-komunitas di berbagai daerah yang dibentuk oleh para pemilik Toko SRC untuk saling mendukung, berbagi ilmu untuk meningkatkan daya saing toko kelontong dan berkontribusi memajukan UMKM nasional. Di dalam Paguyuban SRC, para pengusaha toko kelontong saling berbagi ilmu.