Selasa 13 Aug 2024 06:21 WIB

PSI Minta Pemprov DKI Jakarta Buat Program Makan Bergizi Pakai APBD 

Fraksi PSI menekankan pentingnya melibatkan UMKM di sekitar sekolah.

Rep: Bayu Adji Prihanmmanda/ Red: Erik Purnama Putra
Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana.
Foto: Dok DPRD DKI
Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta mendukung uji coba program makan bergizi gratis yang sedang diadakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di sejumlah sekolah negeri. PSI menilai, program itu diperlukan karena membawa dampak positif bagi kesehatan dan prestasi belajar para siswa.

Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta William Aditya Sarana mengatakan, Pemprov Jakarta telah memulai uji coba makan siang gratis di beberapa sekolah dengan melibatkan badan usaha milik daerah (BUMD). Menurut dia, program itu dapat berjalan secara berkelanjutan, sehingga perlu dianggarkan pada APBD Perubahan 2024 dan APBD 2025. 

Baca Juga

"Kami mendesak agar program makan bergizi ini tidak hanya menjadi uji coba, tetapi dianggarkan secara berkelanjutan dalam APBD Perubahan 2024 dan APBD 2025, sehingga dapat menjangkau lebih banyak anak-anak di seluruh Jakarta," kata dia melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin (12/8/2024).

Dia menjelaskan, Fraksi PSI mengusulkan agar pelaksanaan program tersebut diperkuat dengan penebalan anggaran melalui dana bantuan operasional sekolah (BOS). Hal itu penting agar program dapat berjalan tanpa hambatan keuangan dan terus memberikan manfaat maksimal bagi para siswa.

Tak hanya itu, Fraksi PSI menekankan pentingnya melibatkan UMKM di sekitar sekolah dalam penyediaan makanan bergizi. Meski begitu, kata William, Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga harus tetap melakukan pemantauan untuk menjaga kualitas gizi yang diberikan.

"Penyediaan makanan oleh UMKM lokal yang telah diuji nilai gizinya tidak hanya membantu meningkatkan kualitas asupan gizi anak-anak tetapi juga berkontribusi pada perekonomian masyarakat sekitar sekolah," kata William.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyatakan siap untuk melakukan uji coba makan bergizi gratis. Rencananya, uji coba program presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu akan diuji coba setiap pekan di Jakarta.

Heru mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan mulai melakukan uji coba program makan gratis dalam waktu dekat. Pelaksanaan uji coba itu kemungkinan akan dilakukan setelah 17 Agustus 2024.  

"Mohon maaf, ini kan sedang sibuk 17-an. Nanti setelah 17, saya setiap senin atau dua minggu sekali, minimal Senin dan Rabu saya akan ke sekolah-sekolah uji coba," kata Heru di Jakarta, Kamis (8/8/2024).

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement