Ahad 18 Aug 2024 06:54 WIB

Jadi Laskar Hizbullah, Putra Mbah Hasyim Ini Tembaki Pesawat Jepang Hingga Jatuh

Perjuangan secara gerilya ini terus menerus dijalani oleh Pak Ud bersama pasukannya.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
KH Yusuf Hasyim
Foto: NU Online
KH Yusuf Hasyim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perjuangan  putra KH Hasyim Asy'ari (Mbah Hasyim), salah satu tokoh besar dalam sejarah kemerdekaan Indonesia, disebut menjadi bagian penting dari perjalanan bangsa ini melawan penjajah. Putra Mbah Hasyim yang dimaksud adalah KH Yusuf Hasyim, seorang ulama dan pejuang kemerdekaan yang memiliki peran signifikan dalam perjuangan melawan penjajah.

Nama lengkapnya adalah KH Muhammad Yusuf Hasyim. Dia merupakan putra bungsu pasangan KH Hasyim Asy’ari dan Nyai Nafiqoh. Dia dilahirkan pada 3 Agustus 1929 di lingkungan Pondok Pesantren Tebuireng.

Baca Juga

Pak Ud, sapaan akrab Kiai Yusuf Hasyim, dikenal tidak hanya sebagai putra pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy'ari, tetapi juga sebagai salah satu pemimpin yang gigih dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dia adalah salah satu tokoh yang pernah menjadi komandan Laskar Hizbullah. 

Pada awalnya, Laskar Hizbullah didirikan sebagai bagian dari strategi pemerintah Jepang untuk menambah kekuatannya dalam perang melawan tentara sekutu. KH Hasyim Asy’ari pun mendukung penuh pendirian Hizbullah, bahkan mengizinkan Yusuf Hasyim untuk bergabung dalam Hizbullah.