Ahad 18 Aug 2024 14:53 WIB

Inovasi untuk Meningkatkan Produksi Lobster Terus Dilakukan

Penyediaan pakan lobster terbaik harus dilakukan.

Red: Muhammad Hafil
Budidaya Lobster
Foto: Dok Republika
Budidaya Lobster

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budi Daya (DJPB) terus berinovasi, salah satunya adalah penyediaan pakan lobster yang cukup baik jumlah maupun kualitasnya untuk mendukung produksi yang maksimal.

“Salah satu tantangan dalam budidaya lobster adalah ketersediaan dan rantai pasok pakan, kerang sebagai salah satu faktor utama lobster. Pakan kekerangan terbukti dapat meningkatkan laju pertumbuhan dan produksi dalam budidaya lobster. Pakan kekerangan juga memiliki kandungan gizi yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi untuk menunjang tumbuh kembang lobster sehingga produksi budidaya lobster diharapkan turut meningkat,” ujar Direktur Jenderal Perikanan Budi Daya, Tb Haeru Rahayu.

Baca Juga

Unit Pelaksana Teknis (UPT) DJPB, lanjut Dirjen Tebe, terus berupaya melakukan inovasi teknologi budidaya untuk suplai pakan lobster yang berkualitas. “Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Lombok telah berhasil menguasai teknologi pembenihan dan pembesaran kerang coklat Mytilopsis adamsi,” kata Tebe.

 Tebe kembali menegaskan mengapa DJPB mencoba mengembangkan kerang coklat tersebut, hal ini karena diyakini bahwa kerang coklat dapat menjadi pakan berkualitas bagi lobster dengan kandungan nutrient yang baik. Alasan lainnya adalah kerang coklat tidak dikonsumsi manusia. Sehingga dapat fokus untuk pakan lobster saja, tidak ada lagi alasan persaingan/kompetisi sumber makanan antara manusia dan lobster.