Rabu 21 Aug 2024 15:40 WIB

Imam Al Ghazali Ingatkan Betapa Bahayanya Suka Berkhayal atau Panjang Angan

Panjang angan ini akan menggiring manusia kepada berbagai kerusakan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Teman imajiner atau teman khayalan/ilustrasi
Foto: safebee
Teman imajiner atau teman khayalan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Imam Al-Ghazali bernama aslinya Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad al-Ghazali dalam Kitab Minhajul Abidin menjelaskan bahwa berkhayal atau pangan angan (thulul amal) adalah penyakit ganas. Penyakit suka berkhayal atau panjang angan ini akan menggiring manusia kepada berbagai kerusakan dan empat dosa.

Menurut Imam Al-Ghazali, berkhayal atau panjang angan adalah penghalang atas segala bentuk kebaikan dan ketaatan. Berkhayal atau panjang angan juga mendatangkan keburukan dan godaan, ini adalah penyakit ganas yang membawa manusia kepada berbagai macam kerusakan. 

Baca Juga

Ketahuilah jika kamu menjadi korban dari penyakit panjang angan (suka berkhayal), maka dosa kamu akan bertambah dengan empat macam dosa lagi. Demikian dijelaskan Imam Al-Ghazali dalam Kitab Minhajul Abidin yang diterjemahkan Abu Hamas As-Sasaky dan diterbitkan Khatulistiwa Press, 2013. 

Pertama, jika panjang angan kamu akan malas melakukan ibadah dan ketaatan, pada akhirnya akan meninggalkan ibadah. Nafsu akan berkata, "Aku akan melakukan ibadahnya nanti karena waktu di hadapanku masih panjang, aku tidak akan ketinggalan."