Rabu 07 Feb 2024 15:00 WIB

Tips Mengatur Keuangan untuk Para Freelancer

Kamu seorang freelancer? Artinya kamu wajib mengetahui tips-tips berikut ini agar bisa lebih baik dalam mengatur keuangan sebagai seorang freelancer:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Jumlah pekerja lepas (freelancer) bisa dikatakan meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Peminatnya kebanyakan kalangan muda, bahkan anak kuliah yang ingin mencari uang jajan tambahan. Kondisi ini tidak lepas karena pengaruh digitalisasi sekarang yang membuat permintaan terhadap konten-konten berbasis digital ikut meningkat, makanya permintaan freelancer semakin populer.

Freelancer memiliki fleksibilitas kerja yang tinggi. Sayangnya, pemasukannya yang tidak menetap tampaknya menjadi sedikit masalah, membuat seseorang ragu menggeluti dunia pekerja lepas. Untungnya ada tips-tips mengatur keuangan yang bisa freelancer praktekkan, seperti berikut ini.

 

Tips Mengatur Keuangan untuk Para Freelancer

freelancer

1. Hitung Total Penghasilan

Menjadi freelancer itu cukup menyenangkan, kamu bisa bekerja kapan dan dimana saja sesuai keinginan. Kamu tidak perlu bangun pagi, juga siap-siap untuk berangkat kerja. Namun, pasang surut sering kali menyelimuti kehidupan para freelancer.