Rabu 28 Feb 2024 00:00 WIB

Bisa Percepat Pemulihan, Ini Daftar Makanan untuk Pasca Operasi Ambeien!

Makanan pasca operasi ambeien bantu melunakkan feses. Lihat daftar dan harga makanan tersebut di bawah.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Operasi ambeien adalah tindakan bedah yang dilakukan untuk mengangkat benjolan yang terjadi akibat melebarnya pembuluh vena di daerah anus. Operasi ini menjadi satu-satunya jalan penyembuhan yang diambil ketika ambeien sudah parah. Namun, bisa juga penyembuhan ambeien dilakukan dengan meminum obat dan menerapkan pola hidup yang sehat. 

Setelah proses operasi ambeien biasanya dokter akan menganjurkan untuk mengonsumsi makanan pasca operasi ambeien yang memiliki manfaat tinggi. Salah satu tujuan mengonsumsi makanan pasca operasi ambeien dengan nutrisi tinggi adalah untuk melunakkan feses.

Berikut daftar makanan pasca operasi ambeien dan rincian harganya. 

 

1. Buah-Buahan 

sayur-sayuran

Pasca jalannya operasi mengonsumsi buah adalah hal yang harus dilakukan. Konsumsi buah dengan warna yang cerah, seperti anggur, mangga, pepaya, tomat, apel, jeruk, dan lainnya. Sebab, di dalam buah terkandung vitamin dan mineral yang bisa membantu meningkatkan asupan nutrisi dalam tubuh. 

Selain nutrisi tinggi, sebenarnya buah-buahan juga memiliki serat tinggi yang menjadi cara utama untuk atasi sembelit. Jika malas memakan buah secara langsung, kamu bisa membuat buah tersebut menjadi jus atau bahkan smoothies. Harga buah-buahan segar per kilo biasanya rata-rata kisaran Rp10.000-100.000. 

2. Sayur-Sayuran

sayur-sayuran

Vitamin A, C, E, dan K adalah salah satu vitamin yang terkandung dalam sayuran hijau. Kandungannya bisa untuk membantu pembekuan darah. Selain sayuran yang berwarna hijau, sayuran yang tidak berwarna juga penting dikonsumsi sebagai karbohidrat. 

Kamu bisa mengonsumsi sayur-sayuran ini tidak hanya menjadi pendamping makanan lain tetapi juga bisa dijadikan camilan sehat. Selain itu, sayuran juga memiliki serat untuk atasi sembelit. Terkait harga, kamu bisa menganggarkan sayur-sayuran di kisaran harga Rp5.000-50.000.

3. Lemak Tak Jenuh

lemak tidak jenuh

Mengonsumsi alpukat, almond, ikan, dan ayam yang memiliki kadar lemak tak jenuh yang tinggi sangat direkomendasikan bagi pasien pasca operasi ambeien. Lemak tak jenuh bisa membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral yang berasal dari sayuran dan buah-buahan. Harganya kisaran Rp50.000-100.000.

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh tinggi pun bermanfaat untuk memperkuat kekebalan tubuh. Selain itu, jenis makanan ini bisa meminimalisir terjadinya infeksi. Kacang-kacangan juga termasuk dalam daftar menu setelah operasi. Kandungan vitamin E yang tinggi, terutama di kacang almond, dapat mempercepat penyembuhan luka serta membantu menghilangkan bekas luka. 

4. Konsumsi Telur

telur

Telur merupakan makanan yang murah serta mudah ditemui yang disarankan untuk orang yang baru menjalani operasi ambeien. Sebutir telur mengandung protein sebesar 6 gram, riboflavin, kalsium, zinc, vitamin A, E, K, B kompleks, asam folat, sampai zat besi. Nutrisi yang terkandung dalam telur tersebut dapat mempercepat penyembuhan orang yang sedang sakit, termasuk setelah menjalani operasi. Harganya kisaran Rp25.000/kg. 

Beberapa makanan pasca operasi ambeien di atas bisa menjadi pilihan ketika tengah menjalani masa pemulihan pasca operasi ambeien. Namun, ketika pasca operasi ambeien mengalami kondisi yang parah, kamu bisa segera pergi ke dokter. 

Sebenarnya biasanya akan dijadwalkan 2 atau 3 minggu setelah operasi untuk melakukan check up pasca operasi ambeien. Biaya mengenai konsultasi pasca operasi ambeien ini juga harus kamu perhitungkan. 

Biasanya untuk sekali check up bisa memakan biaya Rp500.000. Namun, hal ini berbanding jika memiliki asuransi kesehatan. Untuk itu, selalu perhitungkan berapa besaran biaya yang harus kamu keluarkan agar nantinya tidak terjadi kendala saat pemulihan pasca operasimu. 

Jangan Anggap Sepele Pasca Operasi Ambeien

Setelah melewati operasi ambeien kamu harus segera mendapatkan perawatan insentif agar keadaanmu cepat membaik. Selain perawatan yang insentif, dukungan dari makanan yang kamu konsumsi pun sangat penting. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan pasca operasi ambeien yang direkomendasikan di atas. 

Kamu bisa perhitungkan juga berapa kisaran harga berbagai makanan tersebut agar bisa mendukung proses pemulihan pasca operasimu. Selain itu, melakukan konsultasi pasca operasi juga menjadi penting dilakukan untuk mengetahui kondisimu apakah sudah jauh membaik atau belum. 

Selalu lakukan persiapan untuk kesehatan yang lebih baik, jangan pernah menganggap sepele apapun yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satunya proses pemulihan pasca operasi. Terdengar tidak penting tetapi justru menjadi cara agar kamu bisa dikatakan sudah sembuh total dengan proses perawatan pasca operasi yang baik dan benar. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement