Ahad 25 Aug 2024 19:18 WIB

Alasan yang Membuat Alisson Tolak Tawaran Klub Kaya Saudi

Anda bermain sepak bola karena cinta, itu adalah hal yang ingin Anda lakukan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Budi Raharjo
Penjaga gawang Liverpool, Alisson Becker.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Penjaga gawang Liverpool, Alisson Becker.

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -- Penjaga gawang Liverpool, Alisson Becker, mengungkapkan bahwa dia menolak tawaran bermain dari klub kaya Arab Saudi yang berlaga di Saudi Pro League musim panas ini. Alisson beralasan waktunya tidak tepat untuk pindah karena dia masih “sangat bahagia” di klub Liga Premier tersebut.

Pemain internasional Brasil, yang bergabung dengan Liverpool pada tahun 2018, ini melihat mantan rekan setimnya Fabinho, Roberto Firmino, dan Jordan Henderson meninggalkan Anfield musim panas lalu untuk menerima tawaran menggiurkan dari klub-klub Arab Saudi.

Namun, meski mengakui potensi uang yang ditawarkan menggiurkan, pemain berusia 31 tahun itu menegaskan dirinya belum siap meninggalkan klub tempat ia memenangkan gelar Liga Inggris dan Liga Champions.

"Saya ingin menghormati kontrak saya dan menyelesaikan kontrak saya di sini atau membuat kontrak baru. Saya sangat bahagia di sini. Keluarga saya bahagia," ujar Alisson, yang kontraknya berakhir pada 2026 dengan opsi satu tahun lagi, mengatakan kepada media Inggris dalam sebuah wawancara Sabtu (24/8/2024).

“Saya tidak pernah sampai pada titik di mana saya berbicara tentang gaji dan hal-hal seperti ini. Itu hanya ketertarikan, tapi ketika Anda mendengar tentang angka yang didapat pemain lain, Anda sedikit tertarik. Itu normal.

"Pada akhirnya, Anda bermain sepak bola karena cinta, itu adalah hal yang ingin Anda lakukan. Tapi itu adalah profesi kami dan kami ingin menggunakan tahun-tahun yang kami miliki untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Saya rasa saya terbuka untuk itu secara pribadi tetapi tidak sekarang."

“Selagi saya masih memiliki kontrak di sini, saya akan fokus di sini. Jika klub berkepentingan untuk bernegosiasi [untuk menjual] saya, maka pembicaraannya akan berbeda," ujarnya menambahkan.

“Ketika ketertarikan dari Saudi datang, saya tidak bisa menutup pintu untuk sebuah kesepakatan besar [tanpa berpikir panjang]. Namun keputusan saya adalah selalu bertahan dan fokus pada hal-hal yang bisa kami capai, permulaan baru dan permulaan baru ini, dan saya benar-benar bersemangat tentang hal itu. Kami memulai dengan energi baru dan menantikan apa yang akan dihasilkan musim ini bagi kami."

Setelah menghabiskan seluruh kariernya di Liverpool bekerja di bawah asuhan Jurgen Klopp, Alisson mengatakan dia terkesan dengan manajer baru Arne Slot sejak pelatih asal Belanda itu mengambil alih musim panas ini. Alisson mencatatkan clean sheet saat Liverpool memenangkan pertandingan pembuka Liga Premier musim ini, 2-0 saat tandang ke markas Ipswich Town yang baru dipromosikan akhir pekan lalu.

photo
Kiper Liverpool Alisson Becker merayakan gol ketiga The Reds pada laga liga Inggris antara Liverpool melawan Norwich City di Anfield Stadium, Liverpool, Ahad (11/8) waktu setempat. - (Dave Thompson/AP )

Mantan kiper Roma itu bisa saja segera memperbarui persaingan, ESPN melaporkan pada hari Selasa bahwa Liverpool mendekati kesepakatan senilai 40 juta euro atau sekira Rp 690 miliar dengan Valencia untuk kiper Giorgi Mamardashvili.

Kepindahan tersebut dipandang sebagai perencanaan untuk masa depan ketika Alisson atau pemain nomor 1 Republik Irlandia Caoimhín Kelleher meninggalkan klub. Dan Alisson mengatakan dia telah diberitahu tentang kemungkinan perpindahan tersebut sebelumnya dan sepenuhnya memahami alasannya.

“Saya pikir itu ide yang bagus,” katanya. “Saya tahu tentang hal itu [Mamardashvili] sebelum hal itu terungkap di media sosial dan itu adalah pesan yang baik bagi saya karena klub peduli dengan apa yang saya pikirkan. Mereka melakukan hal yang benar. Namun, bagi saya, selama saya masih terikat kontrak di sini dan selama saya bahagia di sini, klub pun bahagia dengan saya, keluarga saya bahagia di sini, maka saya akan bertahan.”

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement