Selasa 27 Aug 2024 16:19 WIB

Usung Syaikhu-Ilham di Pilgub Jabar, PKS Ungkap Hubungannya dengan KIM

Keputusan untuk mengusung Syaikhu-Ilham di Pilgub Jabar sudah final.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu dicalonkan sebagai cagub Jawa Barat.
Foto: dok pribadi
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu dicalonkan sebagai cagub Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dikabarkan bakal mengusung presiden mereka, Ahmad Syaikhu, di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2024. Syaikhu akan berpasangan dengan putra Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Ilham Habibie.

Politisi senior PKS Tifatul Sembiring menyatakan, keputusan untuk mengusung Syaikhu-Ilham di Pilgub Jabar sudah final. Menurut dia, keputusan itu sudah dikeluarkan oleh Dewan Pimpinan Tinggi Pusat (DPTP) PKS. "Inysa Allah fix. Sudah diputuskan DPTP PKS," kata dia saat dikonfirmasi Republika, Selasa (27/8/2024).

Baca Juga

Menurut dia, keputusan di PKS diambil melalui rapat majelis syuro. Bukan semata-mata instruksi dari Presiden PKS. Tifatul menambahkan, PKS juga menjalin koalisi dengan calon kepala daerah dan partai asalnya. Artinya, PKS tak melulu harus ikut serta dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"PKS koalisi dengan calon-calon kepala daerah dan asal partainya, bukan KIM. PKS nggak punya kesepakatan apa-apa dengan KIM," ujar dia.

Ihwal rencana pengumuman secara resmi untuk mengusung Syaikhu-Ilham di Pilgub Jabar, Tifatul belum bisa memastikan. Ia mengatakan, saat ini partainya masih melengkapi persyaratan administrasi. "Lagi lengkapi administratif dulu," kata dia.

Sebelumnya, Tifatul sempat menyatakan partainya akan mengusung Syaikhu-Ilham di Pilgub Jabar. Pernyataan itu disampaikan melalui akun X pribadinya, Senin (26/8/2024).

"Bismillah... Mohon doa dan restu tweeps budiman semua...???????? Untuk Jawa Barat. *Punten...," kata dia sambil mengunggah poster Syaikhu-Ilham sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jabar.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement