Rabu 28 Aug 2024 09:40 WIB

53 Anak Dhuafa akan Dilatih Menjahit untuk Disalurkan ke Kawasan Industri Terpadu Batang

Program tersebut juga menyiapkan anak-anak dhuafa untuk magang di Jepang.

Red: A.Syalaby Ichsan
Pelatihan menjahit Ruang Amal Indonesia
Foto: Dok RAI
Pelatihan menjahit Ruang Amal Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Setelah sukses kegiatan pelatihan menjahit untuk 50 anak dhuafa di Batang dan menyalurkannya ke dunia industri di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) pada akhir Juni hingga awal Juli 2024 lalu, Ruang Amal Indonesia akan kembali menggelar kegiatan serupa.

Rencananya, program Amal Vokasi yang bertajuk Madani Vokasi Academy yang diselenggarakan atas kolaborasi Ruang Amal Indonesia dan PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero tersebut akan diselenggarakan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, pada 9-14 September 2024.

Baca Juga

Selain bekerjasama dengan PNM, Ruang Amal Indonesia juga telah bekerjasama dengan Anjungan Siap Kerja KITB untuk membantu anak-anak dhuafa di Batang dan sekitarnya mengakses peluang kerja di KITB.

Menurut CEO Ruang Amal Indonesia, Slamet mengatakan bahwa sebelumnya Ruang Amal Indonesia telah berhasil mengantarkan 96 persen peserta pelatihan yang berasal dari keluarga dhuafa diterima kerja di PT. Yih Quan Footwear yang ada di KITB.

"Alhamdulillah, pada program sebelumnya kami sudah berhasil mengantarkan 48 anak dhuafa di Batang atau 96 persen mendapatkan pekerjaan di KITB melalui program unggulan kami yaitu Amal Vokasi. Kami berharap, melalui program ini banyak anak-anak dhuafa yang bisa mendapatkan pekerjaan, sehingga dapat membantu ekonomi keluarganya," ujar Slamet, CEO Ruang Amal Indonesia, lewat keterangan tertulis, Rabu (28/8/2024).

Menurutnya, kegiatan pada 9-14 September 2024 mendatang akan diikuti oleh 53 anak dhuafa yang ditargetkan minimal 90 persennya di antaranya dapat diterima kerja di KITB. Ia optimis target tersebut dapat tercapai jika seluruh peserta mau mengikuti tahapan pelatihan secara serius.

Slamet menjelaskan bahwa program Amal Vokasi merupakan program unggulan Ruang Amal Indonesia yang fokus pada pelatihan SDM dan penyiapan SDM siap kerja yang menyasar anak-anak dhuafa di Indonesia. Melalui program Amal Vokasi, Ruang Amal Indonesia tidak hanya memberikan pelatihan dan sertifikasi, tetapi juga pendampingan penempatan kerja.

Bahkan, program Amal Vokasi Ruang Amal Indonesia ini tidak hanya menarget pelatihan dan pendampingan kerja dalam negeri, tapi juga luar negeri, terutama Jepang dan Eropa.

"Program Amal Vokasi kami lainnya adalah pelatihan Bahasa Jepang yang kami targetkan untuk anak-anak dhuafa yang punya keinginan kuat untuk magang maupun bekerja di Jepang. Insya Allah ini akan menjadi ikhtiar Ruang Amal Indonesia untuk mengakselerasi pengentasan kemiskinan di Indonesia," lanjut Slamet.

Slamet menambahkan, saat ini Ruang Amal Indonesia telah bekerjasama dengan LPK Prodigi untuk pelatihan bahasa Jepang, serta beberapa mitra lainnya untuk penempatan tenaga kerja di Jepang baik untuk skema magang maupun SSW (Spesific Skill Worker).

"Ke depan sedang kita persiapkan juga selain ke Jepang, adalah bagaimana anak-anak dhuafa ini akan kita latih bahasa untuk kemudian kita dampingi ke Austria dan beberapa negara Eropa yang saat ini sudah mulai berkomunikasi dengan Ruang Amal Indonesia,"jelas dia.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement