Kamis 29 Aug 2024 12:36 WIB

Tanda Depresi Muncul di Tempat Kerja: Karyawan Tiba-Tiba Jadi 'Rajin'

Gejala depresi di tempat kerja dapat muncul tiba-tiba.

Red: Qommarria Rostanti
Seorang wanita mengalami depresi di tempat kerja (ilustrasi). Ada beberapa gejala yang menunjukkan seseorang mengalami depresi di tempat kerja.
Foto: www.freepik.com
Seorang wanita mengalami depresi di tempat kerja (ilustrasi). Ada beberapa gejala yang menunjukkan seseorang mengalami depresi di tempat kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mungkin pernah mengalami pasang surut di tempat kerja. Namun jika hari-hari yang sulit menjadi kebiasaan baru Anda, Anda mungkin mengalami apa yang dialami 280 juta orang di seluruh dunia: depresi.

Depresi adalah kondisi kesehatan mental yang dapat muncul sebagai kesedihan dan kelelahan yang nyata. Sering kali, depresi juga dapat muncul dengan cara yang tidak diduga.

Baca Juga

“Gejala depresi di tempat kerja dapat muncul tiba-tiba, dan biasanya kita bersikap keras pada diri sendiri tentang gejala tersebut daripada mengenalinya sebagaimana adanya,” kata seorang psikoterapis di States of Wellness Counseling yang berpusat di Illinois dan Wisconsin, Shannon Garcia, dikutip dari laman Huffington Post pada Kamis (29/8/2024).

Psikolog yang berpusat di Pasadena, California, dan penulis “Mental Health Journal for Men Ryan Howes menjelaskan beberapa gejala depresi yang dapat memengaruhi Anda di dalam dan di luar jam kerja. "Gejala itu seperti perasaan putus asa yang berkelanjutan, berkurangnya kesenangan dalam beraktivitas, penurunan atau penambahan berat badan, gangguan tidur, kelelahan, perasaan tidak berharga, atau kesulitan berkonsentrasi," ujarnya.