Kamis 29 Aug 2024 14:03 WIB

Film Stree 2 Masuk Jajaran Sinema Bollywood Terlaris Sepanjang Masa

Film Stree 2 mencetak rekor gemilang di box office.

Red: Qommarria Rostanti
Poster film Stree 2. Film bergenre horor komedi asal India ini menorehkan rekor gemilang di box office.
Foto: Dok. PVR Inox Pictures
Poster film Stree 2. Film bergenre horor komedi asal India ini menorehkan rekor gemilang di box office.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film horor komedi India berjudul Stree 2 terus melampaui ekspektasi box office. Film ini mencapai tonggak sejarah global utama hanya dalam 12 hari.

Sinema ini berkisah tentang upaya Vicky (Rajkumar Rao) dan teman-temannya mengusir roh jahat yang menghantui kota Chanderi. Mereka menghadapi ancaman supernatural baru yaitu hantu tanpa kepala yang menculik wanita.

Baca Juga

Sekuel komedi horor India ini hadir enam tahun setelah film pertamanya yang juga meluncurkan waralaba Maddock Supernatural Universe. Dilansir laman Screen Rant pada Kamis (29/8/2024), setelah perilisan Stree 2 saat Hari Kemerdekaan India, komedi horor ini memiliki debut box office luar biasa pada akhir pekan lalu, bahkan menembus posisi 10 besar domestik Amerika Serikat dengan 2,57 juta dolar AS (Rp 39,6 miliar) dan dan total global 9,1 juta dolar AS (Rp 140 miliar).

Menurut Forbes, Stree 2 mendominasi box office Bollywood karena film tersebut kini telah melampaui pendapatan 70,1 juta dolar AS (Rp 1 triliun) secara global. Dari total tersebut, 59,3 juta dolar AS (Rp 913 miliar) berasal dari India.

Dengan pembaruan box office ini, film Stree 2 telah memecahkan banyak rekor, termasuk film berbahasa Hindi terlaris pada 2024 (melampaui Fighter), film India terlaris kedua tahun 2024 (hanya di belakang Kalki 2898 AD), dan film berbahasa Hindi terlaris kesembilan sepanjang masa. Selain itu, komedi horor ini juga menempati peringkat ke-19 sebagai film India terlaris sepanjang masa.

Kesuksesan box office Stree 2 datang pada waktu yang unik, dengan meningkatnya minat pada film supernatural atau horor India. Perolehan box office Stree 2 belum pernah terjadi sebelumnya untuk sebuah film horor. Film-film Bollywood yang memecahkan rekor biasanya masuk dalam kategori film romansa, epik sejarah, atau film laga blockbuster.

Banyak faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan komersial Stree 2 yang luar biasa. Film pertamanya yang dirilis pada 2018 merupakan hit yang mengejutkan dan memperoleh ulasan yang umumnya positif. Film tersebut menghasilkan sekitar 21,7 juta dolar AS (Rp 334 miliar) di box office global. 

Pada akhirnya, kesuksesan sekuel ini bergantung pada strategi perilisannya dan kekuatan bintang Shraddha Kapoor. Stree 2 dirilis selama periode liburan Hari Kemerdekaan India dan perayaan Rakshabandhan, sehingga dinilai memberikan keuntungan dari akhir pekan yang diperpanjang selama lima hari. Karena film ini juga merupakan sekuel, ada keakraban yang kuat dengan konten, premis, dan pemeran film tersebut.

Karena Stree 2 menorehkan prestasi gemilang di box office, hal itu membuat pengembangan sekuel lainnya tak terelakkan. Produser Dinesh Vijan telah mengonfirmasi bahwa Stree 3 dalam tahap pengembangan, dengan perilisannya yang diharapkan pada 2026.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement