Jumat 30 Aug 2024 09:29 WIB

Keren! Bekasi Punya Perumahan Rendah Emisi

Pembangunan rumah dilakukan mengunakan material ramah lingkungan

Red: Satria K Yudha
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) saat meninjau proyek percontohan rumah rendah emisi di Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (29/8/2024).
Foto: Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) saat meninjau proyek percontohan rumah rendah emisi di Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (29/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk baru saja meluncurkan proyek percontohan rumah rendah emisi di Bekasi, Jawa Barat, tepatnya di Perumahan Mutiara Gading City. Peresmian yang dilakukan pada Kamis (29/8/2024) turut dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir.

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, pihaknya menargetkan pembiayaan sebanyak 150.000 Rumah Rendah Emisi pada 2029 guna mendukung komitmen pemerintah untuk mengakselerasi jumlah pasokan rumah layak huni, sehat dan ramah lingkungan. Langkah tersebut merupakan komitmen BTN menjawab tantangan perubahan iklim serta mendorong ekosistem perumahan nasional yang berkelanjutan.

"Tahun ini ada 1.000 Rumah Rendah Emisi yang menggunakan minimal 10 persen material ramah lingkungan. Secara bertahap, akan ada 150.000 rumah dengan 30 persen porsi penggunaan material ramah lingkungan pada 2029," ujar Nixon.

Nixon menyampaikan bangunan rumah dan aktivitas di dalamnya menjadi salah satu penghasil emisi karbon terbesar termasuk dari penggunaan energi, konstruksi, hingga perawatan dan pemeliharaan.