Sabtu 31 Aug 2024 23:15 WIB

Pemerintah Pastikan Kelancaran Penyelenggaraan HLF MSP 2024

HLF MSP 2024 memperkuat posisi Indonesia sebagai pemimpin diplomasi.

Red: Erdy Nasrul
Logo HLF MSP.
Foto: Dok Web
Logo HLF MSP.

REPUBLIKA.CO.ID, BALI — Pemerintah Indonesia memastikan kelancaran penyelenggaraan High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) 2024. Forum ini menjadi platform strategis bagi para pemangku kepentingan global untuk berdiskusi dan menemukan solusi inovatif terhadap berbagai tantangan global.

Presiden RI Joko Widodo menekankan kepada jajarannya agar ada hasil nyata dari penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum di Bali. Sedangkan dari sisi kesehatan, Presiden menaruh perhatian pada peningkatan penyebaran wabah mpox di wilayah Afrika.

Baca Juga

“Ini saya minta betul-betul ada upaya preventif,” lanjutnya.

Presiden menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan pengawasan kesehatan di pintu-pintu masuk kedatangan Internasional. Langkah ini menurut Presiden tidak hanya dari Kementerian Kesehatan saja, tetapi juga bisa dilakukan oleh kementerian/lembaga lainnya.

Sementara itu, dalam keterangan pers yang disampaikan di Jakarta, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menjelaskan bahwa HLF MSP 2024 menjadi momen penting bagi Indonesia.

“Untuk memperkuat kolaborasi dengan berbagai negara dan sektor dalam menghadapi isu-isu global," ungkap Airlangga.

Forum ini akan dihadiri oleh pejabat tinggi, perwakilan sektor swasta, dan organisasi masyarakat sipil dari seluruh dunia. Airlangga Hartarto menambahkan bahwa forum ini juga akan menghadirkan berbagai sesi diskusi dan panel yang membahas topik-topik krusial, seperti perubahan iklim, ketahanan pangan, dan ketidaksetaraan ekonomi. Melalui diskusi ini, diharapkan dapat ditemukan solusi yang tidak hanya bersifat lokal, tetapi juga dapat diterapkan secara global.

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Abdul Kadir Jailani, menekankan bahwa forum ini juga menjadi ajang untuk mempererat hubungan strategis antara Indonesia dan negara-negara Afrika.

"Kami mengharapkan partisipasi aktif dari berbagai negara dan organisasi internasional. HLF MSP 2024 membahas berbagai topik penting dan menciptakan kesempatan untuk berbagi pengetahuan serta teknologi yang dapat membantu negara-negara berkembang," kata Abdul Kadir.

Abdul Kadir juga menambahkan bahwa forum ini menyediakan berbagai kesempatan bagi para peserta untuk menjalin kerja sama dan membangun kemitraan yang bermanfaat. Selain itu, dia menyatakan bahwa HLF MSP 2024 memperkuat posisi Indonesia sebagai pemimpin dalam diplomasi multilateral.

Pemerintah Indonesia berkomitmen menyelenggarakan forum ini dengan standar internasional yang tinggi, memastikan bahwa semua persiapan dilakukan dengan baik untuk mendukung kesuksesan acara tersebut. Forum ini juga akan menyajikan sesi-sesi diskusi mendalam dan inovatif untuk mencari solusi atas tantangan global yang dihadapi masyarakat internasional.

Dengan kesiapan yang matang, Indonesia siap memainkan peran sentral dalam forum internasional ini dan berkontribusi pada solusi global yang berkelanjutan. Keberhasilan HLF MSP 2024 diharapkan dapat memperkuat kerjasama internasional dan mendukung upaya global untuk menciptakan masa depan yang lebih adil dan berkelanjutan.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement