Senin 02 Sep 2024 04:15 WIB

Pembangunan HPK Tahap Dua di IKN Cetak Rekor Muri

Proses toping off bangunan empat lantai rampung dalam waktu 29 jam 26 menit 51 detik.

Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum Asosiasi Rumah Modular Indonesia (ARMI), Nicolas Kesuma bersama para pekerja.
Foto: Republika.co.id
Ketua Umum Asosiasi Rumah Modular Indonesia (ARMI), Nicolas Kesuma bersama para pekerja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Proses pembangunan hunian pekerja konstruksi (HPK) tahap dua di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, yang berlangsung cepat menjadi bukti kemajuan teknologi konstruksi Indonesia. Dengan menggunakan sandwich panel, proses toping off bangunan empat lantai tersebut dapat diselesaikan dalam waktu 29 jam 26 menit 51 detik.

Singkatnya waktu pengerjaan pun menjadi catatan rekor baru di Museum Rekor Indonesia (Muri). Ketua Umum Asosiasi Rumah Modular Indonesia (ARMI), Nicolas Kesuma menjelaskan, sandwich panel adalah sistem kontruksi modular yang dikembangkan dengan menggunakan sejumlah komponen baja.

Dia menyebut, komponen tersebut dapat dikombinasikan dengan material lain, sehingga pembangunan dapat berlangsung singkat. Nicolas menyatakan, sandwich panel memiliki modul yang dapat dipindahkan dan dibangun tanpa perlu menggunakan alat berat.

"Sehingga pengiriman menuju lokasi yang memiliki akses terbatas dapat dilalui," ucap Nicolas dalam perayaan ulang tahun ke-36 PT Alsun Suksesindo bersama CP Meiji di Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Ahad (1/9/2024).