Senin 02 Sep 2024 23:43 WIB

Kebun Raya Bogor Terima Cenderamata Kujang Pusaka dari IPSI

Kebun Raya Bogor menerima cenderamata Kujang Pusaka (Kujang Ciung) dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bogor, Jumat (30/8/2024).

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Ani Nursalikah
Kebun Raya Bogor Terima Cenderamata Kujang Pusaka dari IPSI
Kebun Raya Bogor Terima Cenderamata Kujang Pusaka dari IPSI

MAGENTA -- Kebun Raya Bogor menerima cenderamata Kujang Pusaka (Kujang Ciung) dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bogor, Jumat (30/8/2024). Cenderamata diberikan oleh Ketua IPSI Kota Bogor Subono Widoyoko kepada Direktur Kebun Raya Marga Anggrianto di acara pembukaan Gebyar Seni Budaya dan Olahraga Pencak Silat pada 30 Agustus hingga 1 September 2024 di Kebun Raya Bogor.

Secara umum, Kujang mempunyai pengertian sebagai pusaka yang mempunyai kekuatan tertentu yang berasal dari para dewa (Hyang), dan sebagai sebuah senjata, sejak dahulu hingga saat ini Kujang menempati satu posisi yang sangat khusus di kalangan masyarakat Sunda. Sebagai lambang atau simbol dengan nilai-nilai filosofis yang terkandung di dalamnya, Kujang dipakai sebagai salah satu estetika dalam beberapa lambang organisasi serta pemerintahan.

Di samping itu, Kujang pun dipakai pula sebagai sebuah nama dari berbagai organisasi, kesatuan dan tentunya dipakai pula oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat. Pada masa lalu Kujang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Sunda karena fungsinya sebagai peralatan pertanian. Pernyataan ini tertera dalam naskah kuno Sanghyang Siksa Kandang Karesian (1518 M) maupun tradisi lisan yang berkembang di beberapa daerah di antaranya di daerah Rancah, Ciamis.

BACA JUGA: Sunset di Kebun Raya Bogor Sampaikan Pesan Konservasi Melalui Musik