Rabu 04 Sep 2024 05:53 WIB

Sering Cemas dan Waswas? Rutin Baca 2 Dzikir Singkat Ini Pagi dan Sore Sebanyak 3 Kali

Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan

Red: Nashih Nashrullah
Umat Islam berdzikir (ilustrasi). Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan
Foto: ANTARA/Rahmad
Umat Islam berdzikir (ilustrasi). Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Sikap cemas dan waswas kerap kali menyerang seseorang. Pada kondisi seperti ini, tak jarang menjatuhkan ketahanan mental spiritual yang berakhir pada terlanggarnya syariat Allah SWT, naudzubillah.

Apakah ada dzikir khusus yang bisa dijadikan obat untuk mengatasi waswas itu? Jawabannya pernah disampaikan mantan dekan Fakultas Ushuluddin Al-Azhar Cabang Asyut Mesir, Syekh Mukhtar Marzuq Abdurahim, membagikan resep Nabawi yang secara khusus diperuntukkan sebagai penawar was-was. Jawabannya adalah sebagai berikut:

Baca Juga

Pertama, bacalah tiga kali bacaan ini setiap pagi dan sore

اللهم إني أعوذ بك أن أشرك بك وأنا أعلم وأستغفرك لما لا أعلم

Latin:

Allahumma inni adzubika an usyrika bika wa ana a'lam wa astaghfiruka lima la a'lam

Terjemah:

"Ya Allah aku sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari berbuat syirik kepada-Mu, sedangkan aku mengetahui, dan aku meminta ampunan kepadamu atas apa yang aku tidak ketahu."

Syekh Mukhtar, melandaskan bacaan ini pada hadits yang diriwayatkan Imam al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad dari Ma'qil bin Yasar RA.

عن معقل بن يسار - رضي الله عنه - قال: انطلقت مع أبي بكر الصديق - رضي الله عنه - إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال: " يا أبا بكر، للشرك فيكم أخفى من دبيب النمل، فقال أبو بكر - رضي الله عنه - وهل الشرك إلا من جعل مع الله إلهاً آخر؟ فقال النبي صلى الله عليه وسلم: والذي نفسي بيده، للشرك فيكم أخفى من دبيب النمل، ألا أدلك على شيء إذا قلته ذهب قليله وكثيره؟ قل اللهم إني أعوذ بك أن أشرك بك وأنا أعلم، واستغفرك لما لا أعلم

Dari Ma'qil bin Yasar RA, dia berkata, "Aku pergi bersama Abu Bakar RA, ke Rasulullah SAW, lalu Rasul bersabda, "Wahai Abu Bakar. Hati-hatilah kalian hindarilah kesyirikan ini yang lebih samar dari rayapan semut." Lalu Abu Bakar RA, berkata, "Bukankah syirik itu adalah siapapun yang mensekutukan allah dengan tuhan lain?" Nabi menjawab, "Dan demi Dzat yang jiwaku di tangan-Nya. Ada kesyirikan dalam diri kalian yang lebih samar dari rayapan semut. Maukah engkau aku tunjukkan bacaan jika engkau ucapkan sedikit dan banyaknya akan sirna? Katakanlah: Allahumma inni adzubika an usyrika bika wa ana a'lam wa astaghfiruka lima la a'lam."

Kedua, hendaknya dia rutin membaca

هو الأول والآخر والظاهر والباطن وهو بكل شيء عليم

Latin:

Huwal awwalu wal akhiru wadz dzhahiru wal bathin wa huwa bikulli syain alimun

Terjemah:

"Dialah yang Pertama, Terakhir, yang Tampak dan Tersembunyi, dan Mahamengetahui atas segela sesuatu"

BACA JUGA: Protes Keras RS Medistra Soal Jilbab, Siapa Dr Diani? Kakeknya Tokoh Utama Muhammadiyah

Mantan dekan Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar ini menekankan bahwa kedua hal tersebut, bersama dengan keikhlasan niat, memiliki pengaruh yang ajaib dalam melenyapkan riya, sumpah (pamer), ujub, dan keraguan serta waswas yang muncul di dalam diri seorang mukmin, dan lainnya.

Dia menunjukkan bahwa doa ini pernah dibaca oleh seseorang yang menderita waswas dan ia menjadikannya sebagai doa 3 kali di pagi hari dan 3 kali di sore hari, yang memberikan pengaruh yang sangat besar dalam penyembuhan waswas di dada dan ia sembuh total, alhamdulillah.

Keutamaan dzikir...

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement