Rabu 04 Sep 2024 17:05 WIB

Nubuat Rasulullah Ihwal Tewasnya Raja yang Zalim

Raja yang zalim ini tewas ditikam anaknya sendiri.

Red: Hasanul Rizqa
Sisa bangunan kebesaran kerajaan  Sasaniyah Persia
Foto: wikipedia
Sisa bangunan kebesaran kerajaan Sasaniyah Persia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sesudah menyepakati Perjanjian Hudaibiyah dengan kubu Quraisy pada tahun kedelapan Hijriyah, Nabi Muhammad SAW mulai mengirimkan surat kepada raja-raja non-Arab. Di antara mereka yang dikirimi surat itu ialah kaisar Bizantium dan raja Persia.

KH Moenawar dalam Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW (jilid IV) menjelaskan momen ini. Tiap surat Rasulullah SAW itu bertujuan untuk mengajak mereka masing-masing masuk Islam.

Baca Juga

Surat Nabi SAW kepada Heraklius, pemimpin Bizantium, dibawa oleh Dihyah al-Kalbi. Walau menerimanya dengan penuh penghormatan, sang kaisar tetap enggan menjadi Muslim.

Raja Kisra, Abrawiz, juga menolak masuk Islam. Bedanya, cara yang ia tunjukkan begitu angkuh. Pemimpin Persia itu bahkan merobek surat Rasulullah SAW.

Ia marah karena surat itu dibuka dengan bacaan basmalah, bukan puja-puji kepada penguasa Persia. Abdullah bin Huzafah sebagai duta Nabi SAW juga diperlakukan secara hina.

Begitu mengetahui kabar ini, Nabi Muhammad SAW berdoa, “Allah, pecah-belahlah oleh Engkau kerajaan Kisra.”

Masih dalam keadaan murka, raja Persia ini menyuruh menterinya untuk menulis surat kepada gubernur Yaman saat itu, Badzan bin Sasan. Untuk diketahui, Yaman saat itu termasuk wilayah Persia.

Badzan diperintahkan untuk segera menangkap dan membawa Nabi Muhammad SAW kepadanya. Kisra ingin menghukum Rasulullah SAW, yang dinilainya telah keterlaluan karena tidak memuja-muji dirinya.

Baca selanjutnya >>>

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement