Kamis 05 Sep 2024 17:48 WIB

Janji Jiwa Luncurkan Kopi Pertama di Indonesia yang Dibuat Bersama AI

Proses pembuatan menu kopi baru ini memakan waktu sekitar dua pekan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Dari kiri ke kanan: Billy Kurniawan selaku Founder Janji Jiwa, Reza Rahadian, dan Country Marketing Manager Google Indonesia Muriel Makarim, dalam peluncuran menu Golden Maple Latte di Janji Jiwa, Jakarta, Kamis (5/9/2024). Kopi ini diklaim sebagai kopi pertama yang dibuat bersama AI.
Foto: Dok. Republika/Gumanti Awaliyah
Dari kiri ke kanan: Billy Kurniawan selaku Founder Janji Jiwa, Reza Rahadian, dan Country Marketing Manager Google Indonesia Muriel Makarim, dalam peluncuran menu Golden Maple Latte di Janji Jiwa, Jakarta, Kamis (5/9/2024). Kopi ini diklaim sebagai kopi pertama yang dibuat bersama AI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Janji Jiwa meluncurkan menu kopi terbaru hasil kolaborasi dengan Gemini, teknologi AI dari Google. Dinamai Golden Maple Latte, kopi ini diklaim sebagai kopi pertama di Indonesia yang dibuat bersama AI atau kecerdasan buatan.

Golden Maple Latte terdiri atas perpaduan susu steamed, kopi arabika, dan sirup maple khas Janji Jiwa. Kopinya sendiri terasa lebih light dan creamy, yang berpadu sempurna dengan aroma karamel dari maple. Rasa manisnya juga seimbang, tidak terlalu kuat, sehingga pas bagi Anda yang tidak terlalu suka manis.

Baca Juga

Founder dan CEO Janji Jiwa, Billy Kurniawan, menjelaskan bahwa kolaborasi ini memberi wawasan baru terkait bagaimana AI bisa menjadi "partner" dalam mengkreasikan menu kopi baru. Pada proses penciptaan Golden Mapple Latte, kata Billy, Gemini membantu barista dan tim Janji Jiwa dalam mengembangkan ide.

"Jadi awal kita eksplorasi itu kita lihat dulu timeline-nya, oh pas season Autumn, di sana kita eksplor dengan Gemini, untuk mencari menu dan cita rasa kopi yang sesuai. Terus dikombinasikan juga dengan ide dan hasil trial dari barista kita. Sampai kita akhirnya nemuinlah si Golden Maple Latte ini," kata Billy dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Menurut Billy, penggunaan Gemini dalam proses mengembangkan ide sangat membantu menghemat waktu. Biasanya, kata dia, tim kreatif Janji Jiwa dapat menghabiskan waktu hingga dua bulan untuk membuat menu atau produk baru. Namun setelah melibatkan Gemini, proses kreatif itu hanya memakan waktu sekitar dua pekan.

"Jadi itu sangat menghemat waktu banget. Karena tim kita sangat terbantu oleh data, dan referensi yang disajikan oleh Gemini," kata dia.

Billy mengatakan ini merupakan kali pertama Janji Jiwa melibatkan AI dalam kreasi menu baru. Karenanya, agar terhindar dari masalah hak cipta atau paten, dia sangat berhati-hati dalam memilih referensi yang ditawarkan Gemini.

"Tentu masalah itu sangat kami perhatikan saat nyoba eksplor di Gemini. Sebelum kita pakai, kita cek dan make sure itu tidak melanggar hak cipta," kata Billy.

Country Marketing Manager Google Indonesia, Muriel Makarim, mengatakan bahwa kolaborasi ini menjadi bukti bahwa AI bisa dijadikan "teman kreatif" untuk berbagai hal, termasuk dalam mengkreasikan menu kopi baru. Ia pun berharap, para pencinta kopi bisa menyukai menu yang dibuat bersama Gemini tersebut.

"Tentu di sini kami juga sangat antusias. Ini kolaborasi pertama Google Gemini dengan coffee shop di indonesia. Semoga menu baru yang dibuat dengan AI ini bisa banyak disukai," kata Muriel.

Kopi Golden Maple Latte sudah bisa dipesan di semua gerai Janji Jiwa. Namun karena ini termasuk menu seasonal, jadi hanya akan tersedia hingga 30 September 2024.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement