Selasa 10 Sep 2024 10:07 WIB

Terungkap Israel Kerahkan Daya Upaya untuk Gagalkan Tuntutan Afsel Atas Genosida di ICJ

Israel lakukan berbagai cara agar Afsel batalkan tuntutan di ICJ

Red: Nashih Nashrullah
 Menteri Kehakiman Afrika Selatan Ronald Lamola hadir saat akan digelar sidang kasus genosida terhadap Israel yang diajukan oleh Afrika Selatan  di Mahkamah Internasional (ICJ),di The Hauge, Belanda, (11/1/2024).
Foto: ANP
Menteri Kehakiman Afrika Selatan Ronald Lamola hadir saat akan digelar sidang kasus genosida terhadap Israel yang diajukan oleh Afrika Selatan di Mahkamah Internasional (ICJ),di The Hauge, Belanda, (11/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Media Axios melaporkan bahwa Kementerian Luar Negeri Israel mengirimkan sebuah kabel rahasia kepada Kedutaan Besar Israel di Washington, dan kepada semua konsulat di Amerika Serikat, mengenai kasus Afrika Selatan di Mahkamah Internasional (ICJ).

Kabel tersebut meminta kedutaan dan konsulat untuk segera bekerja sama dengan anggota parlemen federal, gubernur dan organisasi Yahudi untuk menekan Afrika Selatan agar mengubah kebijakannya terhadap Israel, dan menjelaskan bahwa melanjutkan tindakan mereka saat ini seperti mendukung Hamas dan mendorong gerakan anti-Israel di pengadilan internasional akan memiliki harga yang mahal.

Baca Juga

Situs web Axios mengutip kabel tersebut yang mengatakan bahwa Israel melobi anggota Kongres Amerika Serikat untuk menekan Afrika Selatan agar membatalkan tindakan hukumnya di Mahkamah Internasional terkait perang di Gaza.

Para diplomat Israel juga diinstruksikan untuk meminta para anggota Kongres dan organisasi-organisasi Yahudi di Amerika Serikat untuk berkomunikasi secara langsung dengan para diplomat Afrika Selatan di Amerika Serikat dan menjelaskan bahwa Afrika Selatan akan membayar harga yang mahal jika tidak mengubah kebijakannya.